Main Menu

Ini Dia Tips Pola Diet Aman Saat Puasa

Birny Birdieni
27-05-2018 12:16

Ilustrasi. (Shutterstock/FT02)

Artikel Terkait

Jakarta, Gatra.com- Puasa selama bulan Ramadhan akan menjadi baik untuk kesehatan bila dilakukan dengan benar. Bahkan bagi yang berlebihan berat badan, ini bisa menjadi saatnya untuk melakukan diet.

Namun syarat dari itu adalah saat berbuka puasa, makanan yang anda konsumsi harus sehat. Konsultan dari Oxford, Razeen Mahroof mengatakan bahwa puasa berkepanjangan dalam beberapa hari atau minggu akan membuat tubuh menggunakan protein dan memecahnya menjadi energi.

Dalam deskripsi teknis, hal itu yang disebut sebagai "kelaparan". "Tapi anda tidak akan mungkin mencapai tahap kelaparan selama Ramadhan, karena puasa juga ada waktu berbuka tiap hari," ungkap Mahroof dilansir dari NHS.UK, Minggu (27/5).

Nah buat tahu seperti apa cara diet yang aman sambil menjalankan ibadah puasa selama Ramadhan, baiknya anda simak tips berikut ini :

1. Puasa Mengendalikan Pola Makan

Jika tidak berhati-hati, makanan yang dimakan selama sahur maupun berbuka bisa jadi menyebabkan kenaikan berat badan. Dr.Mahroof menyarankan, saat mendekati puasa harus disiplin memilih makanan. "Intinya disiplin dan pengendalian diri," katanya.

2. Lakukan Diet Seimbang

Diet selama puasa mirip dengan cara makan di luar waktu Ramadhan. Lakukan diet seimbang dengan proporsi karbohidrat, lemak dan protein telat.

Setidaknya harus makan dua kali, yakni menjelang fajar saat sahur dan saat senja waktu berbuka puasa. Asupannya harus bagus, sederhana dan tidak berbeda terlalu jauh saat diet normal sebelumnya.

3. Harus Mengandung Semua Kelompok Makanan Utama

Makanan yang dikonsumsi harus mengandung semua kelompok makanan, mulai dari golongan buah dan sayur. Lalu karbohidrat sehat seperti roti gandum, sereal, dan kentang.

Juga protein seperti ikan, daging atau alternatif
susu dan makanan olahan susu. Serta makanan mengandung lemak dan gula. Terutama membatasi makanan manis.

4. Konsumsi Makanan Serat

Makanan dengan serat tinggi dapat membantu usus menjadi sehat. Selain itu akan menambah porsi makan dan membuat anda menjadi lebih kenyang.

5. Makanan Sehat Rekomendasi Saat Sahur dan Buka

Ketika sahur sebaiknya konsumsi makanan yang menyediakan energi cukup hingga berjam-jam. "Makanan mencerna lambat seperti roti pitta, salad, sereal terutama gandum atau roti panggang ajqn memberi pelepasan energi yang konstan," ungkap Dr Mahroof.

Penting juga konsumsi cairan dengan vitamin, seperti jus buah atau buah. Beberapa bahkan mengonsumsi minuman isotonik untuk mengganti garam yang hilang.

Saat berbuka, baiknya membatalkan dengan apa yang dilakukan Rasulullah Muhammad SAW dengan mengonsumsi kurma yang akan memberikan energi. Demikian. Juga dengan jus buah bisa memberi efek serupa.

Lakukan minum yang banyak untuk menghindari rehidrasi. Selain itu juga bisa menghindari untuk pola makan banyak. Hindari makanan goreng-gorengan.

6. Hindari Metode Memasak Dengan Menggoreng

Menggoreng dan penggunaan minyak berlebihan adalah metode memasak yang sebaiknya harus dihindari. Sebab selain tinggi kadar lemak juga tinggi kolesterol juga.


Editor : Birny Birdieni

Birny Birdieni
27-05-2018 12:16