Main Menu

Indonesia Kuat dengan Makan Ikan

Hidayat Adhiningrat P.
29-07-2018 06:06

Kampanye Gemar Makan Ikan 2018 di CFD, (29/7). (GATRA/Hidayat Adiningrat/FT02)

Jakarta, gatra.com - Gatra Media Group bekerjasama dengan Mediatama Binakreasi, didukung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar Kampanye Gemar Makan Ikan 2018. Acara bertajuk "Lebih Cerdas Makan Ikan" ini dilaksanakan pada hari Minggu, 29 Juli 2018, di halaman parkir Gedung Sarinah, Jalan MH. Thamrin, Jakarta.

Acara dikemas dalam bentuk jalan sehat, senam zumba, bincang-bincang antara warga masyarakat dengan Menteri KKP, seremoni makan ikan bersama, demo masak, lomba masak ikan, lomba mewarnai dan menggambar, lomba storytelling juga music performance. Acara akan dihadiri oleh Menteri KKP beserta jajaranya, juga Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Bob Hasan bersama dengan atlet PASI yang akan berlaga di Asian Games 2018.

Kampanye Gemar Makan Ikan merupakan salah satu program pemerintah yang digagas oleh KKP. Kampanye ini mengutamakan ajakan kepada masyarakat agar ikan dijadikan sebagai salah satu hidangan keluarga sehari-hari.

Ikan termasuk salah satu bahan makanan sumber protein hewani yang mudah didapatkan oleh semua golongan masyarakat IndonesiIkan sangat bermanfaat bagi kecerdasan dan kesehatan manusia. Apalagi disajikan sejak dini pada anak-anak. 

Karena nilai gizinya yang tinggi, Pemerintah menganjurkan keluarga Indonesia untuk mengkonsumsi ikan setiap hari. Dalam tubuh ikan, terkandung asam lemak tak jenuh seperti omega, yodium, selenium, flourida, zat besi, magnesium, zink, taurin, serta coenzyme Q10. Selain itu, kandungan omega 3 ikan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan protein hewani lainnya.

"Dengan kampanye ini, kami harapkan masyarakat bisa mengetahui manfaat dari memakan ikan untuk kesehatan dan kecerdasan. Sehingga akan lebih sering mengkonsumsi ikan sebagai sumber panganan sehari-hari," kata Tatit Primadi, GM Marketing Gatra Media Group (29/7).

Sepekan sebelum kegiatan dimulai, kata Prima, Gatra Media Group telah melaksanakan sosialisasi kegiatan di beberapa sekolah dasar di Jakarta. Kegiatan sosialisasi tersebut melibatkan seluruh siswa-siswi sekolah dasar, para guru dan orang tua/wali murid di tiga sekolah. Pertama, pada 18 Juli 2018 di SDI Al-Hikmah, kawasan Petukangan; Kedua, pada 19 Juli 2018 di SDN 07 Kalibata; Ketiga, di SDN 01 Menteng  pada 25 Juli 2018.

Di tiap sekolah yang didatangi,  sosialisasi kegiatan Kampanye Gemar Makan Ikan 2018 sukses terselenggara. Setidaknya tak kurang dari 300-an peserta yang terdiri dari seluruh siswa-siswi SD, para guru dan orang tua/wali murid ini memadati lapangan sekolah untuk menyemarakan acara. Selain lomba menggambar dan mewarnai dengan tema makan ikan untuk seluruh siswa dan siswi sekolah dasar tersebut, kegiatan sosialisasi juga diisi edukasi dan penyuluhan tentang manfaat makan ikan.

Materi kegiatan sosialisasi disampaikan oleh dr. Nia dari Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Brawijaya tentang manfaat makan ikan bagi kecerdasan dan kesehatan anak-anak. Selain manfaat makan ikan materi juga diisi oleh Diana dari Balai Besar Pengujian Penerapan Hasil Perikanan (BBP2HP), KKP mengenai cara pengolahan ikan yang baik.


 Reporter : Hidayat Adhiningrat P

Editor : Bernadetta Febriana

Hidayat Adhiningrat P.
29-07-2018 06:06