Main Menu

Sembilan Jenis Makanan Ini Bantu Bersihkan Arteri Jantung Anda

Mukhlison Sri Widodo
25-08-2018 10:08

Ilustrasi. (shutterstock_335916848/RT)

Jakarta, Gatra.com - Jantung dikenal sebagi penyakit pembunuh nomor satu di dunia menurut Center for Disease Control and Prevention. Kelainan pada fungsi arteri menjadi satu dari empat penyebab penyakit jantung.


 
Pembuluh darah ini berfungsi mengantarkan darah yang kaya oksigen dari jantung ke seluruh jaringan dalam tubuh.  Ketika plak menumpuk dan aliran darah menjadi terhambat, arteri yang tersumbat dapat menyebabkan masalah serius seperti serangan jantung, stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya.
 
Untuk menghindari kelainan fungsi pada arteri, ada beberapa jenis makanan yang dapat digunakan sebagai obat alami untuk menghambat penyumbatan dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada arteri Anda.
 
Berikut spuluh makanan terbaik yang bisa Anda makan untuk membebaskan arteri Anda dari penumpukan berdasarkan www.recipegoddes.com yang dicuplik GATRA.
 
1. Brokoli
Brokoli dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah karena mengandung vitamin K yang mencegah kalsium merusak arteri. Brokoli juga mencegah oksidasi kolesterol dan kaya serat yang menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres.
 
Stres dapat menyebabkan robekan dan penumpukan dinding arterial. Brokoli juga mengandung sulforaphane yang membantu tubuh menggunakan protein untuk mencegah penumpukan plak di arteri.
 
Dianjurkan untuk mengonsumsi dua hingga tiga porsi brokoli per minggu untuk manfaat maksimal. Brokoli bisa diolah dengan memanggang atau mengukusnya. Rasa brokoli pun terbilang enak.
 
2. Jahe
Jahe memiliki efek anti-inflamasi dan anti-oksidatif yang luar biasa. Jahe mengandung senyawa pelindung jantung seperti shogaols dan gingerols yang secara efektif dapat mencegah penumpukan plak dengan mengurangi kolesterol total. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition pada tahun 2000, para peneliti menemukan bahwa ekstrak jahe dapat mengurangi area lesi aterosklerotik aorta, kolesterol dan trigliserida dalam darah, peroksid lemak terkait LDL, dan agregasi LDL.
 
3. Jus Delima
Kandungan antioksidan tinggi dan asam punicic dalam jus buah delima dianggap membantu mengurangi pembentukan plak dan melawan aterosklerosis. Jus buah delima juga mengandung nutrisi penting untuk kesehatan jantung, seperti magnesium dan selenium.
 
Dalam studi paralel acak, double-blind, yang diterbitkan dalam American Journal of Cardiology pada tahun 2009, para peneliti menemukan bahwa minum 240 mililiter (ml) jus delima setiap hari selama 18 bulan memperlambat perkembangan penyakit arteri karotis untuk pasien yang berisiko penyakit jantung koroner.
 
4. Ikan
Minyak mengandung asam lemak omega-3 yang sangat sehat dan dapat membantu mengurangi peradangan di arteri Anda. Peradangan adalah salah satu faktor penyebab pembentukan plak di arteri.
 
Makan dua porsi salmon, halibut, mackerel, albacore tuna atau trout ikan setiap minggu baik bagi kesehatan jantung Anda.
 
5. Alpukat
Alpukat luar biasa bergizi. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Medical Research menemukan bahwa mengkonsumsi alpukat setiap hari menyebabkan penurunan trigliserida.
 
Kolesterol LDL (jenis "buruk") menurun sekitar 22 persen dan kolesterol HDL ("baik") meningkat sekitar 11 persen. Menurunkan trigliserida dan kolesterol LDL berarti arteri yang lebih jelas dan kemungkinan penumpukan plak yang lebih sedikit.
 
6. Chia Seeds
Ketika dicampurkan setiap hari sebagai bagian dari diet jantung sehat, serat dan asam alfa-linolenat yang hanya mengandung dua ons biji Chia dapat membantu menjaga arteri tetap bersih dengan mengatur tekanan darah, mengurangi kolesterol LDL, menurunkan trigliserida, dan meningkatkan kolesterol HDL.
 
Selain itu, latihan kardiovaskular setiap hari adalah cara lain yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan menjaga arteri tetap bersih. Dorongan protein dan nutrisi yang ditawarkan oleh chia seeds ini dapat membantu membuat latihan kardiovaskular merasa sedikit lebih mudah.
 
7. Kacang-kacangan
Almond adalah pilihan terbaik karena mengandung lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, serat dan protein. Magnesium dalam almond juga mencegah pembentukan plak dan menurunkan tekanan darah.
Kenari adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik, yang akan mengurangi kolesterol “jahat” dan meningkatkan kadar kolesterol “baik” yang pada gilirannya menurunkan risiko penumpukan plak di arteri.
 
8. Kesemek
Buah kesemek kaya antioksidan dan polifenol. Seperti alpukat dan cranberry, ini membantu menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida dari aliran darah Anda.
Kesemek juga mengandung serat tinggi yang jadi aspek penting dalam mengatur tekanan darah dan membersihkan arteri Anda secara teratur.
 
9. Almond
Karena tingginya kadar lemak dan protein yang sehat, kacang-kacangan merupakan alternatif kudapan yang sangat baik bagi siapa pun yang peduli tentang kesehatan jantung.
 
Selain kandungan lemak dan proteinnya yang tinggi, almon mengandung banyak vitamin E dan serat. Kedua hal ini mendukung fungsi arteri yang sehat dan fungsi kardiovaskular yang kuat.

Editor : Fitri Kumalasari

Mukhlison Sri Widodo
25-08-2018 10:08