Main Menu

Susu UHT Solusi Ideal Menjaga Kesehatan

Mukhlison Sri Widodo
14-09-2018 21:59

Ilustrasi.(Shutterstock/re1)

Jakarta, Gatra.com - Susu merupakan hal terpenting untuk sumber nutrisi bagi tubuh kita. Sejak lahir kita sudah diberi susu dalam bentuk ASI dan pula sudah diajarkan mengenai pola 4 sehat 5 sempurna. Minuman ini merupakan bagian penyempurna dari pola makan, sehingga dianjurkan untuk minum susu setiap hari.

 

Seorang Ilmuan Nutrisi, Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD dalam peluncuran susu UHT Greenfields kemasan kecil di Kidzania, Pasific Place, Jakarta pada Jumat (14/09) mengatakan, banyak sekali manfaat dari susu terutama pada susu segar yang di dapat dengan proses pasteurisasi yang sangat baik untuk dianjurkan dikonsumsi sehari hari.

"Susu sangat sehat karena mengandung banyak protein, vitamin, dan mineral. Kandungan di dalam susu segar itu bisa membuat anak tumbuh besar dan pintar," ungkapnya. 

Kini banyak olahan susu yang dibuat seperti susu bubuk, susu kental manis, susu full cream, dan masih banyak lagi.

Menurut Matthew susu yang sudah diolah tersebut sudah tidak sebagus kualitas dan kuantitasnya, seperti susu segar itu sendiri karena sudah ditambahkan bahan lainnya yang tidak ada pada susu segar.

"Pilih produk yang hanya ada satu ingredient. Itu fresh milk, yang tidak ada campuran lain," tambahnya.

Namun, susu segar memiliki masa jangka waktu yang lebih pendek terutama ketika sudah dikeluarkan dari lemari es dan dibuka kemudian mulai tercampur dengan bakteri udara yang dapat memicu perubahan rasa pada susu.

Ilmuan Nutrisi ini menganjurkan untuk menggantinya dengan susu Ultra Hight Temperature (UHT).

"Susu UHT mampu membunuh bakteri dan spora di dalam susu sehingga memungkinkan susu UHT  disimpan di suhu ruangan dalam jangka waktu beberapa bulan," imbuh Matthew.

Dalam presentasinya Matthew memberikan rekomendasi untuk dewasa minum susu tiga kali sehari dan untuk anak dua kali sehari. 

Karena susu sangat penting untuk menambah mineral dan vitamin di tubuh. “Kalau untuk anak kira-kira dapat minum 2 gelas atau 500 ml susu UHT dan untuk dewasa 3 gelas susu UHT," kata Matthew.


Reporter: YSS
Editor: Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
14-09-2018 21:59