Main Menu

"Like!" Bukti Eksistensi Cokelat Pasca-Era Kikan

Fahrio Rizaldi A.
03-04-2016 06:55

Jakarta, GATRAnews - Kepergian personil dalam sebuah grup musik sangat berpengaruh bagi eksistensi grup tersebut. Hal ini dialami pula oleh band Cokelat yang harus delapan tahun rehat karena ditinggal sejumlah personilnya. Terlebih, band yang terkenal lewat lagu Bendera ini ditinggal oleh sang vokalis, Kikan Namara. Saat nama Cokelat sedang naik, band ini dinilai identik oleh keberadaan Kikan yang menjadi ciri khas karena suaranya.

Saat ini, Cokelat bangkit kembali lewat formasi baru. Walau hanya menyisakan dua personil asli, Edwin (gitar), dan Ronny (bass), kehadiran Jackline sebagai vokalis mampu mengobati gairah musik Cokelat yang sempat hilang.

Jackline mengakui, sejak bergabung bersama Cokelat di tahun 2012 lalu, banyak yang menbandingkannya dengan Kikan. "Tapi aku nggak masalah dibanding-bandingkan. Karena wajar vokalis sebelumnya sudah 14 tahun bersama Cokelat, dan menghasilkan tujuh album. Saat ini, aku hanya menbuktikan kemampuan bermusikku lewat Cokelat," ungkap Jackline, Rabu (30/3), di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Walau sudah berpisah dari Cokelat, selama ini Kikan masih meneruskan hobi bermusiknya. Kikan pernah berduet dengan grup musik folk asal Bali, Dialog Dini Hari. Saat ini, Kikan juga bergabung dengan grup musik rock, Kotak menggantikan posisi Tantri untuk sementara. Saat tampil, Kikan juga kerap menyanyikan lagu-lagu milik Cokelat. "Cokelat itu Kikan banget. Padahal, buat saya Kikan yang Cokelat banget, karena dia masih sering membawakan lagu-lagu Cokelat," ucap Edwin, melanjutkan.

Pun begitu, Edwin tak mempermasalahkan siapa pun yang ingin menyanyikan lagu-lagu Cokelat. Edwin menilai hak cipta lagu Cokelat bukan milik perorangan. "Tidak masalah, karena hak cipta dipegang oleh pihak label. Tapi memang tidak sesuai kesepakan pribadi saat Kikan keluar," terang Edwin.

Di tahun ini, lewat formasi barunya, Cokelat baru saja merilis album bertajuk #Like!. Di album ini, Jackline sang vokalis baru membuktikan keterlibatannya yang cukup besar.

Mayoritas lagu di album #Like! merupakan karya Jackline. Ada 11 lagu di album ini, delapan di antaranya ciptaan Jackline.



Reporter: Rizaldi Abror
Editor: Edward Luhukay

Fahrio Rizaldi A.
03-04-2016 06:55