Main Menu

Album Radiohead "A Moon Shaped Pool" Akan Masuk Spotify

Fahrio Rizaldi A.
10-06-2016 23:00

Jakarta, GATRAnews - Album terbaru Radiohead, A Moon Shaped Pool, akan masuk dalam layanan musik streaming Spotify pada Juni 2016. Sebelumnya, para penggemar bisa membeli versi digital album ke sembilan Radiohead ini melalui situs resminya. A Moon Shaped Pool juga bisa dibeli melalui Apple Music dan Tidal, sejak Mei 2016. Pada 17 Juni 2016, album ini akhirnya masuk dalam layanan Spotify menyusul dirilisnya versi "fisik" dari Radiohead.

Sang vokalis, Thom Yorke, sebelumnya pernah menyatakan ketidaksukaannya terhadap perusahaan penyedia streaming asal Swedia tersebut. Tahun 2013 lalu, Yorke menilai Spotify sebagai "kentut putus asa terakhir dari penderitaan mayat". Saat itu, Yorke, dan sang produser Nigel Godrich menghapus musik mereka dari layanan Spotify.

Yorke juga mengajak para musisi untuk memboikot Spotify. "Saya rasa, kami para musisi harus melawan hal semacam Spotify," ujar Yorke dalam sebuah wawancara, seperti yang dikutip NME.

Pentolan Radiohead itu juga mengatakan perkembangan cara pandang musik saat ini tak berdampak baik bagi industri musik. "Tren yang terjadi sekarang adalah harapan terakhir dari industri musik kuno. Suatu saat akan mati juga, sementara sesuatu yang baru sedang berkembang. Pada dasarnya, ini hanya tentang bagaimana kita mengubah cara menikmati musik. Sekarang kita ada dalam aturan teknologi," jelasnya.

Yorke melanjutkan, "saya tidak menganggap semua yang terjadi pada industri musik hanya itu yang tersisa. Kita lakukan saja seperti yang ada, tapi saya hanya tidak setuju."



Reporter: Rizaldi Abror
Editor: Edward Luhukay

Fahrio Rizaldi A.
10-06-2016 23:00