Main Menu

Ini Dia Paduan Suara di DPR dan Istana untuk HUT RI ke-72

Rohmat Haryadi
15-08-2017 08:33

Gita Bahana Nusantara di Kemdikbud (Rohmat Haryadi)Jakarta GATRAnews - Gita Bahana Nusantara (GBN) 2017 melakukan gelar perdana di Plaza Insan Berprestasi, Gedung A kantor Kemdikbud jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin malam, 14 Agustus 2017.  Gelaran itu bersamaan dengan pembukaan perhelatan Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional 2017. Dalam acara itu, GBN menyanyikan 15 lagu mulai dari Indonesia Raya tiga stanza, hingga Pancasila Rumah Kita. Juga medley lagu-lagu daerah yang ditutup dengan Syukur karya Husein Mutahar.


GBN 2017 hasil kolaborasi talenta-talenta pemusik dan vokalis muda terbaik yang dipilih melalui audisi dari 34 provinsi di Indonesia. Audisi yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemdikbud setiap tahun itu merupakan salah satu upaya membangun karakter bangsa bagai generasi muda. Dalam beberapa tahun terakhir, GBN menunjukkan kiprahnya dalam berbagai acara penting nasional maupun internasional.

GBN 2017 terdiri dari tim paduan suara 136 putra-putri, dan tim orkestra 72 orang hasil audisi di Jakarta dan ISI Jogja. Di dukung Aubade Pelajar 400 siswa dan siswi SMP dari DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, serta penyanyi solo. Setelah tampil di Kemdikbud, GBN akan tampil di Gedung DPR/MPR RI, 16 Agustus 2017; Istana Negara 17 Agustus 2017; dengan Purwatjaraka sebagai konduktor; dan Konduktor pendamping Sapta Ksvara Kusbini, putera R. Kusbini pencipta lagu Bagimu Negeri.

GBN bertujuan menumbuhkan rasa cinta tanah air, menghormati perbedaan, dan memupuk rasa kebersamaan di kalangan generasi muda. GBN juga diharapkan mampu menguatkan jati diri dan membangun karakter bangsa, serta terbentuknya Paduan Suara dan Orkestra Nasional yang tangguh.

Rangkaian pembentukan GBN 2017 meliputi Audisi Paduan Suara di 34 provinsi pada Maret - Juli 2017. Setiap provinsi diwakili 4 orang (2 putra dan 2 putri) untuk jenis suara sopran, alto, tenor, dan bass. Auidisi Orkestra, 10-11 April 2017, di Plaza Insan Berprestasi Kemdikbud, Jakarta; dan di Auditorium Jurusan Musik, Institut Seni Indonesia, Jogjakarta.

Pemusatan latihan 1- 19 Agustus di Kinasih Resort& Conference Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Selama pemusatan latihan, GBN dilatih kemampuan vokal dan bermain musik juga dilatih kedisiplinan, kerjasama, dan penguatan karakter. Pengasuhan dan pelatihan bekerjasama dengan Ajudan Jenderal TNI-AD, Mabes POLRI, dan Persatuan Drum Band se-Indonesia.


Editor: Rohmat Haryadi

Rohmat Haryadi
15-08-2017 08:33