Main Menu

Mengenal Sean Alexander, Bocah Mahir Bermain Klarinet Berusia 11 Tahun

didi
18-08-2017 16:14

Sean Nicholas Alexander (GATRAnews/Didi Kurniawan/AK9)

Jakarta, GATRAnews - Nama Sean Nicholas Alexander mungkin belum banyak yang dengar. Namun di usianya yang baru 11 tahun, kepiawaiannya bermain alat musik Klarinet, telah membawanya turut serta dalam pentas-pentas musik besar.


Sean pernah tampil di sejumlah pentas, sebut saja Indonesia Orchestra and Ensemble Festival tahun lalu. Dalam pertunjukan orkestra ini Sean merasakan satu panggung bersama Addie MS.

Bakat Sean menurun dari ayahnya Bambang Witono yang pernah pernah bermain di Sean Youth Symphonic Orchestra pada tahun 1992 silam untuk mewakili Indonesia.

Ia mengakui, di usia 3,5 tahun, sang ayah memperkenalkan alat musik tiup tersebut. Dan ia mulai menekuninya di usia 8 tahun. “Saya suka main klarinet karena melihat ayah bermain klarinet. Tanpa dipaksa saya memang memilih bermain alat musik ini. Ayahku tidak pernah memaksa,” ujar Sean di Jakarta, Rabu (16/8).

Dalam sehari, Sean berlatih klarinet dengan ayahnya selama satu setengah jam. Ia juga mengikuti les privat yang dipandu oleh dengan gurunya Nino Ariwijaya asal Indonesia, dua kali dalam seminggu.

Selain ayahnya, idola idola Sean dalam bermain clarinet adalah Nino Ariwijaya (gurunya sendiri), Prof Ma Yue asal China dan Uchiyama Atsushi dari Jepang.

"Memang Sean sudah belajar bermain klarinet ke singapura dan jepang, tapi masih banyak sekali yang harus dia perdalam. Masih jauh. Pak Nino (pelatih Sean) mencetuskan, bahwa Sean sudah waktunya untuk recital, dan yang termuda di Asia Tenggara untuk mengadakan clarinet recital full, classic total. Jadi, selain itu juga untuk memberikan seperti clarinet awareness ke public indo," ungkap Bambang, ayah Sean.

Saat ini Sean duduk di bangku sekolah menengah pertama. Di tengah kesibukan belajarnya ia juga mengikuti latihan latihan untuk acara 1 Oktober di Clarinet Recital di Balai Resital Kertanegara, Jakarta. Acara tersebut diselenggarakan oleh PT Monex Investindo Futues.


Reporter: Didi Kurniawan

didi
18-08-2017 16:14