Main Menu

Puluhan Grup Orkestra dan Ensemble Meriahkan IOEF 2017

Iwan Sutiawan
28-08-2017 22:11

Salah satu grup orkestra di IOEF 2017 (Dok.Humas/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Sekitar 25 grup orkestra dan ensemble komunitas meriahkan Indonesia Orchesta and Ensemble Festival (IOEF) yang digelar Trinity Optima Production di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.



CEO Trinity Optima Production, Yonathan Nugroho, di Jakarta, Senin (28/8), menyampaikan, IOEF yang berlangsung 25-27 Agustus 2017 ini merupakan ajang festival orkestra dan ensemble terbesar di Tanah Air dan merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan alias corporate sosial responsibility (CSR) Trinity.

"TRUST [Trinity Youth Symphony Orchestra] adalah bentuk CSR Trinity. Jadi Trinity tdak selalu menjalani usaha secara komersil. TRUST memberi kesempatan kepada berbagai usia yang potensi di musik, namun tidak memiliki kesempatan," ujarnya.

Bukan hanya pertunjukan musik, IOEF juga diisi berbagai lokakarya (workshop) dan seminar yang menghadirkan sejumlah musisi dan akademisi sebagai narasumbernya.

Festival Director IOEF 2017, Nathania Karina mengatakan, ajang ini setidaknya mengusung dua misi penting tentang pembelajaran bagi musisi untuk terus berkaya di masa mendatang.

"Misi penting di sini, adalah bagaimana menjadi melting pot dari berbagai grup komunitas musik yang ada di Indonesia, serta memberi pendidikan musik dengan konten yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan," katanya.

Penyelenggaraan IOEF 2017 sendiri, lanjut Nathania, lebih megah dibandung sebelumnya yang hanya digelar selama dua hari. Sedangkan tahun ini, diselenggarakan selama 3 hari dan menampilkan puluhan grup orkestra dan ensemble Tanah Air serta sejumlah musisi dan akademisi.

"Nah, kali ini kami bikin tiga hari. Sementara dari segi pengisi acara, juga jauh lebih banyak karena kan memang waktu tiga hari penyelenggaraan, membuat kita harus menghadirkan banyak musisi," ujarnya.

Selain itu, malam puncak IOEF 2017 yang berlangsung Minggu malam, menyuguhkan penampilan duet pianis-violinis asal Austria, Nota Bene; conductor asal Armenia, Gevorg Sargasyan; dan (TRUST).


Reporter: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
28-08-2017 22:11