Main Menu

7 Tahun Vakum, ''Melancholic Bitch'' Rilis Album Baru

Fahrio Rizaldi A.
31-08-2017 07:14

Melancholic Bitch keluarkan album baru (GATRAnews/dok)

Jakarta, GATRAnews - Grup musik asal Yogyakarta, Melancholic Bitch kembali bermusik. Mereka merilis sebuah single berjudul Bioskop, Pisau Lipat. Lagu itu masuk dalam daftar lagu yang disajikan mereka dalam album terbaru bertajuk NKBBS Bagian Pertama. NKKBS merupakan singkatan dari Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera, sebuah jargon propaganda yang populer di era Orde Baru.

"Sepanjang tahun 1980-an hingga 1990-an, program KB menjadi program andalan pemerintah, yang utamanya bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan pada saat yang sama, memasukkan ideologi politik Orde Baru hingga unit terkecil masyarakat, yaitu keluarga," ungkap Melancholic Bitch dalam keterangan tertulis.

"Sebagaimana Balada Joni dan Susi, pada NKKBS Bagian Pertama ini seluruh lagu merujuk pada satu narasi besar tentang keluarga, dan segala cerentang dan dinamikanya, termasuk kaitannya dengna peristiwa-peristiwa politik Indonesia 1960-an hingga sekarang," lanjut keterangan itu.

Bioskop, Pisau Lipat lahir  dari refleksi pengalaman masa kecil Ugoran Prasad, vokalis Melancholic Bitch atas propaganda Orde Baru lewat film Pemberontakan G30S/PKI. Film itu membangun konstruksi tentang "perempuan liar" dan "pisau lipat".

"Meski berangkat dari gagasan besar tentang propaganda dan situasi politik yang pekat, tetapi warna musik dari sebelas lagu pada album ini terasa cukup beragam. Di luar liriknya yang keras dan mengagetkan, dan manis di beberapa bagian, komposisi yang lebih ringan dan riang bisa dijumpai pada beberapa nomor," terang Melancholic Bitch.

Melancholic Bitch terakhir kali merilis album bertajuk Balada Joni dan Susi, tujuh tahun yang lalu. Sang vokalis, Ugoran Prasad melanjutkan studi ke Amerika Serikat, sehingga band itu pun memilig vakum.

Konser perdana NKKBS Bagian Pertama akan digelar pada 9 September 2017 di Pusat Kebudayaan Koesnadi Harjosoemantri, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, pukul 19:00 WIB.

Proyek album NKKBS Bagian Pertama, juga melibatkan seniman Akiq AW yang beberapa waktu lalu juga meluncurkan proyek dengan tema sama, Indonesian Family Portrait Series. NKKBS Bagian Pertama merupakan hasil kerja bersama Richardus Ardita, Yennu Ariendra, Ugoran Prasad, Yossy Herman Susilo, Nadya Hatta, dan Danish Wisnu Nugraha (FSTVLST).


Reporter: Rizaldi Abror

Editor: Nur Hidayat

Fahrio Rizaldi A.
31-08-2017 07:14