Main Menu

Konser Dream Theater Ditolak Ormas  

Rosyid
26-09-2017 18:40

Dream Theater (kaskus.co.id/HR02)

 

Yogyakarta,GATRAnews - Ormas Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) menilai konser grup rock dunia "Dream Theater" di kawasan Candi Prambanan, 29-30 September, mengganggu kegiatan pondok pesantren di sekitar Prambanan. Karena itu, Kokam meminta manajemen PT Taman Wisata Candi membatalkan konser ini.

 

Komandan Ops Kokam Prambanan Marwan Hamed mengatakan perwakilan organisasinya sudah menemui manajemen PT Taman Wisata Candi untuk menyerahkan surat keberatan konser Dream Theater di Candi Prambanan.

 

Kokam Prambanan menilai konser tersebut mengganggu ketertiban umum, khususnya masyarakat sekitar yang mayoritas beragama Muslim. Konser dianggap menggangu proses belajar di Pondok Pesantren Baitul Salam, tak jauh dari area Candi Prambanan.

 

"Pondok berada di sisi barat pagar kompleks Candi Prambanan, berdekatan sekali, dan suara konser sangat mengganggu proses mencari ilmu dan belajar mengajar di dalam pondok," ujarnya.

 

Selain itu, Kokam keberatan dengan konser itu karena berpotensi adanya penyalahgunaan narkoba dan minum-minuman keras. Kokam menilai musik Dream Theater bukan produk budaya daerah, tapi "budaya keras" yang didatangkan dari negara Barat.

 

"Kenapa tidak ngundang syeh yang jelas-jelas lebih bermanfaat bagi masyarakat, dari pada konser dari Barat. Intinya, kami menolak digelar konser di Candi Prambanan," ujarnya.

 

Sementara itu, terkait surat permintaan pembatalan konser Dream Theater oleh ormas Kokam, Humas PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Dewi Krisnawati berjanji akan menyampaikan surat itu ke pimpinan. "Kami sudah terima dan segera kami sampaikan ke pimpinan," katanya pendek saat dihubungi.

 

Promotor dari Rajawali Indonesia selaku penyelenggara konser, Anas Syahrul Alimi, enggan memberi  tanggapan penolakan konser oleh Kokam. "Semua yang kami lakukan sudah sesuai prosedur. Dari perizinan sudah keluar mulai RT/RW, dukuh, kelurahan, kecamatan, polsek, polres, Polda, sampai Mabes (Polri). Jadi kami tidak melanggar apapun," kata Anas saat dihubungi via Whatsapp.

 

Selain grup rock legendaris dunia Dream Theater, konser bertajuk Jogjarockarta ini bakal dimeriahkan grup rock tanah air, seperti God Bless, Power Metal, Pass Band, Burgerkill, Death Vomit. 


Reporter: Arif Koes Hernawan

Editor: Rosyid

Rosyid
26-09-2017 18:40