Main Menu

Rilisan Vinyl Liam Gallagher Laris Manis

Fahrio Rizaldi A.
21-10-2017 18:56

London, Gatracom - Tren industri musik yang mengarah ke era digital, rupanya tak membunuh penjualan rilisan fisik. Piringan hitam atau yang populer disebut vinyl menjadi rilisan fisik eksklusif nan elegan yang kian diburu.

Hal ini dibuktikan oleh musisi rock, Liam Gallagher. Album As You Were miliknya yang dirilis dalam format vinyl berhasil memecahkan rekor. Seperti yang dilansir dari NME, versi vinyl album itu terjual sebanyak 16.000 kopi hanya dalam waktu sepekan.

Prestasi ini menempatkan As You Were sebagai album berformat vinyl terlaris yang dijual selama sepekan, dalam dua puluh tahun terakhir. Secara keseluruhan, jika digabungkan dengan rilisan format lain, album ini terjual sebanyak 103.000 kopi dalam satu minggu.


Belum Mengalahkan Ed Sheeran

Namun, penjualan vinyl As You Were harus lebih masih jika ingin memecahkan rekor vinyl terlaris pada tahun ini. Posisi itu, masih diduduki oleh Ed Sheeran lewat album Divide, disusul album Human dari Rag'N'Bone di posisi ke dua.

Dari 103.000 kopi penjualan As You Were, 91% di antaranya dihasilkan dari penjualan fisik dan unduh digital. Sembilan persen sisa nya dari streaming. Album As You Were masuk di urutan ke sembilan dalam daftar album debut dengan penjualan tertinggi dalam kurun waktu saru dekade terakhir.


Reporter: Rizaldi Abror
Editor: Nur Hidayat

Fahrio Rizaldi A.
21-10-2017 18:56