Main Menu

Saat Musisi Muda Indonesia Lestarikan Seni Tradisional

Fahrio Rizaldi A.
30-10-2017 20:42

Musisi Andien saat konferensi pers acara The Rise of Java. (GATRA/Rian/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Penyanyi pop jazz, Andien terlibat dalam pergelaran seni, The Rise Of Java. Andien mengatakan pementasan ini menjadi kesempatan bagi nya untuk melestarikan kesenian Jawa. "Saya merasakan sense of belongin yang besar terhadap tanah jawa. Ibu dan bapak saya beradal dari Jawa. Saudara saya juga banyak yang tinggal di Jawa," ujar Andien, beberapa waktu lalu di kawasan Senopati, Jakarta Selatan.

Andien menilai kesenian Jawa harus terus dilestarikan. Keterlibatan anak muda, kata dia, menjadi keharusan untuk mempertahankan eksistensi budaya. "Budaya Jawa, salah satu nya, busana Jawa sudah ada berabad-abad yang lalu," ungkapnya. 

Lewat Media Musik dan Fesyen

Menurut Andien, musik dan fesyen adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan. "Saya sangat senang berkolaborasi dengan perancang busana dalam pementasan seni," jelas Andien.

Tak hanya budaya Jawa, Andien juga mengajak anak muda untuk terlibat melestarikan kekayaan Indonesia. "Aku cinta Indonesia, walau pun arus globalisasi, kita harus tetap berusaha melestarikan budaya. Jangan sampai kelewatan," urainya. Indonesia, kata Andien memiliki banyak hal yang menarik. Budaya, dan alam Indonesia memiliki kekuatan yang besar.  "Peninggalan sejarah, dan alam Indonesia itu dahsyat. Nggak bisa ditawar lagi, Indonesia itu keren," tukas Andien.

Mempelajari Kesenian Indonesia

Penyanyi pop muda, Wizzy juga memiliki ketertarikan yang besar terhadap budaya Indonesia. Sebagai anak muda, Wizzy menyayangkan pemuda Indonesia yang lebih menggemari musik luar negeri. "Sebagai generasi muda saya sangat cinta Indonesia, banyak anak muda sekarang yang menggemari lagu luar negeri," ungkap Wizzy.

Sebagai bentuk kecintaannya terhadap kesenian Indonesia, Wizzy pun mempelajari musik tradisional. "Walau pun aku penyanyi pop, aku senang mempelajari musik tradisional. Aku orang Jawa, orang Surabaya, aku belajar menyanyi keroncong, dan campur sari," tandasnya.


Reporter: Rizaldi Abror
Editor: Nur Hidayat

 

Fahrio Rizaldi A.
30-10-2017 20:42