Main Menu

Ini Cerita Afgan Garap Musik Lintas Genre dengan Rapper Malaysia

Fahrio Rizaldi A.
03-11-2017 07:03

Afgan Saat Rilis Lagu X. (GATRA/Rizaldi Abror/AK9)

Jakarta, Gatra.com - Bintang pop Afgan Syahreza baru saja merilis lagu baru. Lagu bertajuk X ini juga mendapatkan respon yang positif dari industri musik Asia.

Afgan menggandeng rapper asal Malaysia, SonaOne untuk membawakan lagu ini. Kolaborasi mereka diganjar penghargaan Anugerah Planet Muzik 2017, sebuah ajang penghargaan musik yang digelar oleh negeri jiran Malaysia.

Mengenai materi lagu, Afgan mengatakan X mengajak orang yang mendengar lagu ini bisa melupakan masa lalu. "Lagu ini menceritakan masa lalu yang susah kita lupakan. Saya ingin mengajak pendengar bahwa masa lalu itu harus ditinggalkan, walau pun menyedihkan tetap harus dihadapi," ujar Afgan, Rabu (1/11) kemarin di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Kolaborasi Singkat

Kerjasama yang dilakukan Afgan dengan SonaOne terbilang cepat. Ke dua nya sudah saling mengenal sejak lama.

SonaOne adalah musisi yang cukup diperhitungkan di Malaysia. Dia kerap berkolaborasi dengan musisi mancanegara, seperti Black Eyed Pease (Amerika Serikat) dan Rain (Korea).

"Saya kenal SonaOne sudah lama, akhirnya saya ajak ke Jakarta untuk buat lagu dan langsung rekaman. Hanya tiga jam nulis lagunya," ungkap pelantun Terimakasih Cinta itu.

Kolaborasi ini menghasilkan sesuatu yang baru bagi Afgan. Jika sebelumnya Afgan terkenal lewat lagu balada, keterlibatan SonaOne membuat musikalitas Afgan lebih kaya.

"Ini baru buat saya, ada unsur Hip Hop di lagu ini berkat SonaOne. Jadi menambah keren lagu ini," jelasnya.

Namun, Afgan sempat merasa tak percaya diri sebelum lagu ini dirilis. X merupakan karya pertama nya yang di luar pakem berumusik Afgan.

"Saya biasa nge-pop banget. Khawatir karena tidak biasa, tapi akhirnya senang juga karena jadi hal baru," tutur Afgan.

Pengalaman Pertama Bagi SonaOne 

Lagu X, sekaligus menjadi pengalaman pertama bagi SonaOne berkolaborasi dengan musisi Indonesia. Sona mengakui kualitas musik yang diusung oleh Afgan.

"Keren, dan cepat. Ini kolaborasi pertama saya dengan musisi Indonesia. Kerjasama ini sangat natural, dan saya sangat menyukainya," ungkap SonaOne.

Lagu ini, kata Sona, juga mendapatkan apresiasi dari para penggemarnya di Malaysia. Terlebih, Afgan juga menjadi salah satu penyanyi pujaan di negeri jiran itu.

"Penggemar saya juga senang kalau saya berkolaborasi dengan Afgan. Banyak respon positif dari radio di Malaysia," tukas SonaOne.


Reporter: Rizaldi Abror
Editor: Nur Hidayat 

Fahrio Rizaldi A.
03-11-2017 07:03