Main Menu

Musisi Cilik Perkenalkan Orkes Klasik

Aulia Putri Pandamsari
05-11-2017 09:17

Orkestea Perguruan Cikini dalam Konser Musik Cikini Klasika 2017. (GATRA/Aulia Putri/AK9)

Artikel Terkait

Jakarta, gatra.com - Ratusan bocah sekolah dasar (SD) memenuhi panggung Gedung Kesenian Jakarta, Sabtu malam (4/11). Mereka merupakan anggota kelompok Percik Children Choir, kelompok paduan suara SD Perguruan 'Cikini'. Dengan mengenakan headband bunga-bunga serta pakaian beraneka warna, mereka menyanyikan lagu "Bangun Pemuda-Pemudi" dengan riang.


Itulah pembuka "Konser Musik Cikini Klasika 2017". Penampilan selanjutnya tidak kalah menghanyutkan. Sejumlah musik klasik gubahan komponis terkenal Johann Sebastian Bach dan beberapa lagu daerah Indonesia dibawakan dengan apik oleh Orkes Junior yang juga berasal dari perguruan yang sama.

Konser malam itu memang merupakan kegiatan rutin Perguruan Cikini. Sebagai salah satu institusi yang fokus memberikan pendidikan musik, mereka percaya bahwa pembinaan tersebut juga akan berdampak baik pada pembentukan karakter anak.

Institusi ini memang fokus memberikan pendidikan musik. Tujuannya, selain pembinaan di bidang musik juga untuk pembentukan karakter anak. "Musik merupakan bagian dari industri kreatif yang memberikan dampak positif," kata Sri Utami, Ketua Panitia konser dalam sambutannya.

Sri melanjutkan, "Dalam perkembangan pendidikan musik, tentu dibutuhkan regenerasi. Oleh karena itu, Perguruan Cikini memberikan kesempatan pada siswanya untuk tampil guna mengevaluasi cara bermain instrument juga mengenalkan musik klasik pada masyarakat."

Selain itu, konser pada malam itu juga dimeriahkan oleh segenap alumni dan komite perguruan dan komunitas Bentara Muda Choir yang berada di bawah naungan Bentara Budaya Jakarta. Dipekirakan 400 musisi terlibat dalam pagelaran musik klasik ini.


Reporter: APP
Editor: Iwan Sutiawan

Aulia Putri Pandamsari
05-11-2017 09:17