Main Menu

Musik, Tari, Cerita dan Seni Visual Berbaur dalam Konser Dongeng 2 Naura

Fahrio Rizaldi A.
06-11-2017 14:56

Konser Dongeng 2 Naura di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung, Sabtu (4/11). (GATRA/Rizaldi Abror/FT02)

Bandung, Gatra.com - Penyanyi pop anak-anak Adyla Rafa Naura Ayu baru saja menggelar konser di Bandung. Konser bertajuk Konser Dongeng 2 Naura -Bandung itu menjadi konser pertama yang membuka rangkaian tur nya di tahun ini.

Sebelumnya, Naura telah menggelar dua konser di Jakarta, yaitu Konser Dongeng Naura (1), pada 24 dan 25 Oktober 2015 lalu di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, dan Konser Dongeng Naura (2) di Ciputra Artpreneur Jakarta, pada 4 dan 5 Februari 2017. 

Seperti konser sebelumnya, Naura menyajikan pergelaran musik yang dipadukan dengan drama dan tarian. Konser ini mendapatkan respon lumayan positif dari para Temen Naura sebutan bagi penggemar Naura. "Senang banget konser di Bandung, aku jadi hyper sendiri, karena sambutannya luar biasa," ujar Naura, Sabtu (4/11) kemarin usia konser di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung, Jawa Barat.

Sajikan Pertunjukkan Spektakuler

Seperti judulnya, Konser Dongeng 2 Naura - Bandung menyajikan sebuah pertunjukan seni spektakuler. Tak hanya bernyanyi, Naura juga dituntut memainkan naskah drama, dan menari bersama para penari anak-anak yang tergabung dalam D'Nau Dancer.

Gadis berusia 12 tahun ini sangat energik menyapa para penggemarnya yang didominasi anak-anak. Ribuan Teman Naura pun sangat antusias menyaksikan konser Naura, yang terlihat dari berbagai pernak pernik yang mereka kenakan. Hampir seluruh pengunjung mengenakan pernak pernik bertema Naura. Kekompakan mereka juga terlihat saat Naura mengajak mereka bernyanyi bersama.

Selain musikalitas yang menghibur, konser ini juga menghadirkan panggung megah bertema kisah dongeng anak-anak. Panggung yang dihiasi seni visual itu akan berganti latar sesuai lagu yang dinyanyikan Naura.

Seperti saat pembukaan yang menampilkan kolaborasi antara Naura, sang adik, Neona dan sang ibu, Nola Be3. Mereka menyanyikan lagu berjudul Dongeng, yang dihiasi tata panggung bertema negeri dongeng warna-warni. "Aku deg-degan melihat Teman Naura. Mereka membangkitkan semangatku," ujar Naura kepada awak media.

Persiapan Yang Matang

Sang bunda, Nola Be3 mengatakan konsep konser ini digarap sejak tiga bulan yang lalu. Nola harus menjaga stamina Naura menjelang konser, mengingat sang puteri harus membawakan 18 lagu selama dua jam penuh. "Naura baru latihan koreografi sejak 10 hari sebelum konser. Dia harus pintar menjaga kondisi tubuh, karena banyak kegiatan. Naura juga harus sekolah," ungkap Nola.

Naura juga mengakui jika konser pertama nya di Bandung ini cukup melelahkan. Di pertengahan konser, Naura harus menyanyikan tiga lagu berturut-turut. Naura juga mengenakan kostum yang rumit, dan harus mengganti kostum nya langsung di atas panggung tanpa istirahat. "Itu pas aku bawakan lagu Believe, melelahkan karena aku enggak istirahat. Aku tetap stay di atas panggung sampai tiga lagu," jelas Naura.

Libatkan Musisi Profesional

Dari segi musikalitas, Naura terbilang sebagai penyanyi anak-anak yang memiliki karakter vokal yang matang. Hal itu terlihat dari lagu-lagu yang dibawakannya. Sebagian besar lagu Naura bernuansa drama musikal yang diiringi oleh musisi profesional. Lagu-lagu Naura terbilang rumit, jika dibandingkan dengan tren lagu anak-anak yang sempat booming di era 1990-an silam, yang cenderung sederhana.

Ava Victoria, pimpinan musik pengiring konser Naura menilai bahwa Naura adalah penyanyi anak-anak yang profesional. "Saya senang banget setiap diminta mengiringi lagu-lagu Naura. Kerjasama nya gampang, karena Naura bisa membawakan lagu nya dengan sangat indah," ungkap Ava.

Sebagian besar lagu-lagu Naura, seperti Dongeng, Ayo Menabung, Berani Bermimpi, Jalan-Jalan dan Lukisan Indonesia diciptakan oleh Tantra dan Mhala. Ke dua musisi ini terkenal lewat grup musik pop Numata.

Mhala mengaku tak menyangka jika karir musik Naura bisa segemerlap sekarang. Bersama Tantra, Mhala membuat lagu untuk Naura sejak penyanyi cilik ini berusia 6 tahun. "Kami membuatkan lagu untuk Naura sejak dia berusia enam tahun. Awalnya hanya iseng-iseng, dan ternyata bisa sampai sekarang," tandasnya.


Reporter: Rizaldi Abror
Editor: Nur Hidayat

 

Fahrio Rizaldi A.
06-11-2017 14:56