Main Menu

Festival Musik Rumah Pertama Siap Diadakan di Indonesia

Flora Librayanti BR K
11-02-2018 11:00

Ilustrasi (Shutterstock/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Pertunjukkan musik sederhana dalam format home concert/ musik di rumah mulai banyak kita temui di konten digital dalam medium YouTube. Tak hanya di Indonesia, beberapa negara pun aktif menyelenggarakan.



Di Indonesia, ajang ini dijadikan sebuah helatan festival yang diinisiasi oleh personel Bonita & The Hus Band (BNTHB), Petrus Briyanto atau yang lebih akrab disapa Adoy. Pelaksanaan Festival Musik Rumah ini bersifat partisipatif dan bukan untuk profit. Rencananya, festival berlangsung dalam kurun waktu bersamaan di beberapa rumah lintas daerah/ geografis; antar kota, desa, propinsi, pulau, bahkan juga antar negara berdasarkan kesukarelaan, kesukacitaan, dan kesediaan untuk turut dalam event ini.

Selain di Indonesia, beberapa rumah di negara lain pun direncanakan ambil bagian di bulan Agustus nanti. “Misi Festival Musik Rumah adalah mempererat persaudaraan dan kebersamaan anak Nusantara antar keluarga, lintas daerah, pulau, dan negara melalui musik. Festival Musik Rumah (yang pertama) akan dilangsungkan pada tanggal 17, 18, 19 Agustus 2018 sebagai bentuk syukur atas 73 tahun kemerdekaan NKRI,” jelas Adoy.

Festival Musik Rumah dilandasi oleh semangat merayakan kebhinnekaan dan merawat kebersamaan serta nilai-nilai keluarga yang umum seperti kerukunan, persahabatan, persaudaraan, ramah anak, kesederhanaan, saling menghargai dan melayani, keutuhan, dan kesukacitaan.

“Secara umum home concert bersifat tertutup, utamanya dikarenakan rumah berlingkup personal dan keluarga sehingga yang bisa datang adalah yang diperkenankan oleh tuan rumahnya, juga karena rumah relatif memiliki keterbatasan ruang untuk jumlah hadirin. Biasanya hadirin home concert adalah keluarga, kerabat, teman dekat, tetangga, dan atau undangan. Namun tidak tertutup kemungkinan untuk bisa dihadiri oleh umum, tergantung kesediaan tuan rumah,” papar Adoy.

Hal ini menyiratkan persiapan dan pelaksanaan home concert yang disesuaikan dengan kondisi rumah, keluarga baik fisik maupun non fisik, seperti kapasitas penonton, alat bantu yang tersedia (tempat duduk, tikar, dll), akomodasi dan logistik, perlengkapan tata suara, juga peraturan-peraturan atau kebiasaan-kebiasaan yang sudah menjadi adat atau nilai dari rumah-keluarga tertentu.

“Sangat disarankan untuk setiap rumah yang menjadi tempat home concert mendapatkan ijin dari lingkungan setempat (RT dan RW),” pesan Adoy.

Pada saat berlangsungnya Festival Musik Rumah nanti, melalui kanal-kanal online kita bisa menyaksikan home concert - home concert yang berlangsung baik secara langsung maupun dokumentasinya. “Bayangkan serunya bisa melihat, pun dari layar komputer juga smartphone, kalau kita terhubung dengan keluarga-keluarga lain di mana pun mereka berada, lewat musik, sembari syukuran tujuhbelasan”, kata Adoy menggambarkan bagaimana suasana yang diharapkan terjadi di hari pelaksanaan event nanti.

Hingga berita ini dibuat, musisi yang akan terlibat dalam Festival Musik Rumah adalah Bonita & Adoy, Celticroom Bali, Curly & Me, Denny Dumbo, Dima Miranda, Endah Laras, Familia Home Concert, Gabriel Mayo, Imada Hutagalung, Jason Ranti, Jubing Kristianto, Junior Soemantri, Kartika Jahja, Komunitas Teras Musik Jepara, MaryJane, Nissan Fortz, Nonaria, Rull Darwis, dan Zio. Jumlah ini diperkirakan akan bertambah seiring waktu persiapan menuju Festival Musik Rumah 2018.

Menuju Festival Musik Rumah, Bonita & Adoy sudah menjadwalkan rangkaian Menuju Festival Musik Rumah di beberapa rumah dan daerah di area Jabodetabek, Bandung, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur selama bulan Februari sampai April 2018.




Editor : Flora L.Y. Barus


Flora Librayanti BR K
11-02-2018 11:00