Main Menu

Game Buatan Indonesia Ghost Parade Akan Dipasarkan

Arif Prasetyo
16-07-2018 21:53

Game Ghost Parade saat mengikuti pameran Bekraf Game Prime 2018 di Jakarta. (ANTARA/Natisha Andarningtyas/re1)

Jakarta, Gatra.com – Tidak lama lagi game buatan Indonesia akan memasuki pasar global. Game yang bernama Ghost Parade ini karya Lentera Nusantara studio game asal Bandung akan dirilis ke seluruh dunia pada 2019 mendatang.


Aksys Game sebagai publisher akan merilis Ghost Parade di seluruh dunia dalam berbagai platform, seperti Nintendo Switch, PlayStation 4, dan PC via Steam. Sebagai musik pengiring, Ghost Parade diiringi perpaduan gending Banyuwangi serta perpaduan harmoni nusantara, sebagai identitas asalnya.

Ini berawal dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang memfasilitasi Ghost Parade dalam event (B2B) Game Connection America 2018 yang berlangsung 19-21 Maret 2018 lalu di San Francisco, Amerika Serikat.

Melalui event inilah Ghost Parade bertemu dengan pihak Aksys Game, yang merupakan publisher kelas dunia yang sudah merilis berbagai judul game terkenal seperti Guilty Gear series, Blazblue series, Tokyo Xanadu, dan Code Realize.

Deputi Pemasaran Badan Ekonomi Kreatif, Josua Simanjuntak mengatakan, BeKraf konsisten mempromosikan game-game berkualitas keluar negeri.

"Kami bersyukur bahwa konsistensi Bekraf untuk terus mempromosikan game Indonesia yang berkualitas ke luar negeri, mulai menunjukkan hasil yang konkret. Diharapkan kesuksesan Ghost Parade menginspirasi para pengembang permainan lokal lainnya, agar berani melakukan penetrasi ke pasar global," ujar Josua Simanjuntak, dalam rilisnya di Jakarta, Senin (16/7).

Pengumuman perilisan game ini diumumkan pada gelaran Anime Expo Los Angeles 2018 di Amerika Serikat, pada Sabtu, 7 Juli 2018 lalu. Tidak hanya Ghost Parade, ada juga beberapa judul game lain yang akan segera di publish oleh Aksys Games, antara lain Little Dragons Cafe yang merupakan karya dari Yasuhiro Wada, kreator seri asli dari Harvest Moon.

Sementara, CEO Lentera Nusantara Azizah Assattari mengatakan, kami sangat gembira tentang rilis Ghost Parade di banyak platform. Bekerja sama dengan Game Aksys adalah pengalaman yang luar biasa dan itu adalah mimpi yang menjadi kenyataan bagi kami.

“Kami sangat senang dengan sambutan dari orang-orang di atas Anime Expo 2018. Kami berharap Ghost Parade dapat membawa budaya lokal Nusantara ke seluruh dunia,” kata Azizah.


Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
16-07-2018 21:53