Main Menu

Telkom-AccorHotels Dukung Pariwisata Indonesia

didi
29-09-2015 13:56

Direktur Enterprise and Business Service Telkom Muhammad Awaludin (kanan) dan COO AccorHotels Indonesia-Malaysia-Singapore Garth Simmons (Ist)

Jakarta, GATRAnews - PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berkomitmen mendukung pariwisata di Indonesia untuk go global, melalui infrastruktur dan layanan information & communication technology (ICT). Ini terwujud dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Telkom dengan operator hotel internasional, AccorHotels.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Enterprise and Business Service Telkom Muhammad Awaludin dengan COO AccorHotels Indonesia-Malaysia-Singapore Garth Simmons, di Jakarta, Senin (28/9).

"Kerja sama ini merupakan wujud dukungan Telkom bagi sektor pariwisata Indonesia serta untuk mencapai 20 juta wisatawan pada 2019. Telkom siap membawa pariwisata Indonesia mendunia lewat infrastruktur dan layanan yang berkualitas," ujar Awaludin, dalam siaran pers, di Jakarta, Selasa (29/9).

Telkom sendiri mendukung kegiatan bisnis beragam portofolio brand AccorHotels Hotel Grup di Indonesia. Adapun jasa dan sarana berbasis TIMES (Telecommunication, Information, Media, Edutainment, Services) yang dikelola, dikembangkan dan disediakan Telkom untuk AccorHotels di Indonesia adalah pemanfaatan layanan digital marketing, pemanfaatan infrastruktur information and communication technologi (ICT). Kemudian juga penyedian layanan digital in room entertaiment, penyediaan digital hospitality operation, HR management system, penyediaan digital customer relationship program, serta penyediaan value added services.

"Key success dari suatu destinasi wisata adalah 3A (Attractiviness, Amenities,l dan Accessibility). Sinergi antara Telkom dan Accor mampu mendukung Amenities, dimana fasilitas akomodasi yang nyaman dilengkapi dengan infrastruktur ICT yang memberikan nilai plus bagi wisatawan," ujar Awaludin.

Garth Simmons menyambut baik kerjasama ini mengingat besarnya kebutuhan ICT di Accor Asia Pacific Singapore-Malaysia-Indonesia, baik untuk korporat maupun bisnis AccorHotels. Dengan demikian, Garth mengharapkan kerjasama ini mampu mendukung sinergi kedua belah pihak sehingga output akhirnya adalah peningkatan kualitas pelayanan AccorHotels.

Akses internet yang handal merupakan salah satu syarat utama untuk memilih hotel bagi para pelanggan. Dengan terus berkembangnya hotel-hotel milik AccorHotels Grup, sehingga pihaknya merasa perlu merangkul mitra dengan teknologi informasi yang andal.

"Kami senang dapat mempererat kerjasama ini, yang membuka peluang baru bagi kedua pihak. AccorHotels dan Telkom akan memiliki program strategis terkait loyalitas, produk, korporasi dan program promosi bersama bagi para pelanggan," papar Garth.

AccorHotels sendiri merupakan salah satu partner bisnis Telkom yang mempunyai lebih dari 90 hotel di tahun 2015, dengan brand hotel seperti Sofitel, Pullman, Mercure, Ibis, Novotel, dan The Hills. Pada tahun 2020, AccorHotels Indonesia menargetkan akan memiliki 200 hotel.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
29-09-2015 13:56