Main Menu

Yuk, Berkunjung Ke Museum Digital Ala Google

M. Afwan Fathul B.
28-10-2016 06:20

(Koleksi Museum Nasional (Dok.Museum Nasional/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Menikmati koleksi museum, kini juga bisa diakses melalui internet. Google merilis platform baru bernama Google Arts & Culture (GAC). Pengguna internet bisa memakai GAC untuk mengeksplorasi karya seni, artefak dan benda cagar budaya di berbagai museum. Sudah ada tujuh museum di Indonesia yang bisa dinikmati di website GAC.

Tujuh museum itu adalah: (1) Museum Tekstil Jakarta, (2) Galeri Batik-Museum Tekstil, (3) Monumen Nasional (Monas) Jakarta,  (4) Museum Purbakala Sangiran, (5) Museum Seni Rupa dan Keramik, (6) Yayasan Biennale Yogyakarta (Taman Budaya Yogyakarta), serta (7) Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko.


Menikmati koleksi museum lewat Google ini bisa ditempuh dengan dua cara. Pertama, menggunakan Google Cardboard, alat yang bisa membantu melihat museum dalam 360 derajat. Selain cardboard, cara kedua, masyarakat bisa menikmati hasil digitalisasi warisan budaya seperti batik yang dipotret menggunakan Art Camera dari Google.


Art Camera memiliki resolusi gigapixel. Sehingga masyarakat bisa menikmati detail kain batik hingga terlihat serat kainnya. Kita perlu detail yang sangat tinggi untuk menikmati karya seni,” ujar Head of Public Policy Google Indonesia Shinto Nugroho kepada para undangan di Museum Nasional Jakarta, Kamis siang (27/10).


Shinto berharap masyarakat bisa menikmati sajian Google terbaru ini. Ia mengatakan, masyarakat bisa mengakses 'museum digital' itu melalui website google dengan kata kunci Wonders of Indonesia. Juga bisa dengan mengunduh aplikasi melalui Android dan iOS dengan kata kunci Google Arts & Culture.


Reporter: M. Afwan Fathul Barry
Editor: ASK

M. Afwan Fathul B.
28-10-2016 06:20