Main Menu

Ini Dia Tips Belanja Aman ketika Berwisata

Flora Librayanti BR K
03-02-2017 22:16

Jakarta, GATRANews - Dalam merencanakan liburan bersama keluarga dan orang tercinta, baik ke dalam maupun ke luar negeri, banyak di antara kita yang pastinya telah mempersiapkan liburan tersebut secara matang untuk mendapatkan liburan terbaik, seperti memesan hotel, merencanakan perjalanan di tempat tujuan, dan hal-hal lainnya yang sangat menggembirakan.

 

Bagi kita yang tinggal di Asia Tenggara, sebuah perjalanan yang menyenangkan juga meliputi kesempatan untuk berbelanja dalam jumlah yang banyak. Menurut studi Mastercard pada 2016 bertajuk Consumer Purchasing Priorities, belanja (shopping) berada di posisi di kedua setelah menikmati pemandangan (sightseeing) sebagai kegiatan liburan paling populer.

 

Konsumen di kawasan ini menyisihkan hampir 20 persen dari anggaran (budget) liburan mereka untuk belanja (retail). Sementara pariwisata ritel berkontribusi secara signifikan terhadap perekonomian di Asia Tenggara, seringkali hal tersebut juga diiringi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pencurian maupun perampokan bagasi.

 

Jetlag serta wisatawan yang tidak waspada merupakan target utama dari para pelaku kriminal yang ingin mencari uang dengan cepat. Untungnya, insiden-insiden tersebut dapat dicegah dengan cara yang lebih waspada terhadap lingkungan sekitar, serta dengan melakukan pembayaran yang bijaksana, seperti menggunakan kartu debit dan kredit, ketika berbelanja.

 

Berdasarkan survei Mastercard, mayoritas konsumen di Asia Tenggara sangat sadar terhadap kejahatan yang berkaitan dengan pariwisata dan menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayaran pilihan mereka saat bepergian. Hal ini terutama berlaku ketika mereka melakukan pembelian barang-barang mewah di kawasan Asia Pasifik, di mana 64% konsumen memilih untuk membayar barang-barang mewah tersebut menggunakan kartu kredit.

 

Agar wisata lebih lancar, Mastercard membagikan sejumlah tips belanja aman saat di luar negeri. Ini dia:

 

Pertama, sebelum memulai kegiatan berbelanja, luangkan waktu satu hingga dua menit untuk meneliti terlebih dahulu di mana saja kartu pembayaran dapat diterima. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk merencanakan seberapa banyak uang tunai yang harus dibawa untuk toko-toko yang hanya menerima uang tunai.

 

Kedua, daftarkan nomor telepon Anda dengan bank Anda untuk menerima notifikasi SMS. Tujuannya supaya bisa melacak setiap transaksi yang dilakukan.

 

Ketiga, daripada membawa seluruh kartu pembayaran, bawalah hanya kartu-kartu yang penting dan simpan sisanya, seperti paspor dan kartu pembayaran lainnya, di tempat yang aman seperti hotel.

 

Keempat, ingin menyisihkan uang Anda saat berbelanja di luar negeri? Nikmati nilai tukar terbaik dengan menggunakan kartu kredit dan debit Anda.

 

Kelima, kalau kehilangan kartu, segera telepon bank dan laporkan kehilangan tersebut secepatnya. Bank akan dapat menolong untuk memblokir kartu dan menghubungkan Anda dengan staf spesialis yang dapat memastikan bahwa Anda menerima bantuan uang tunai darurat. Nah, sudah siapa untuk jalan-jalan?


Reporter : Flora Libra Yanti

Flora Librayanti BR K
03-02-2017 22:16