Main Menu

One Day Trip ke Labuan Bajo, Bisa Kemana Saja?

Ervan
04-12-2017 17:59

Labuhan Bajo (GATRA/Ardi Widi Yansah/yus4)

Jakarta, Gatra.com- Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah terkenal dengan Pulau Komodo-nya. Tapi, selain Pulau Komodo, wisatawan yang hanya punya waktu singkat liburan bisa berwisata maritim 'one day trip' ke pulau dan pantai lain di sekitar Pulau Komodo selama sehari penuh.

 

Akses ke Taman Nasional Komodo (TNK) bisa ditempuh dengan menggunakan kapal boat sekitar 2 jam dari Labuan Bajo. Gatra.com berkesempatan mengunjungi pulau seluas 390 km persegi itu pada Minggu lalu (3/12).

 

Untuk menuju Pulau Komodo, wisatawan harus menyewa kapal boat. Ada 3 jenis kapal yang bisa disewa yakni speed boat, perahu boat, dan kapal pinisi yang bisa mengangkut penumpang 15-30 orang. Kapal bisa disewa lewat agen travel yang ada di seantero pusat kota Labuan Bajo.

 

Harganya berkisar antara 5-25 juta rupiah termasuk paket perjalanan ke Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Cukup mahal bagi para "solo traveler" lantaran tak ada kapal reguler yang melayani perjalanan Labuan Bajo-Pulau Komodo."Kalau mau murah bisa patungan cari teman seperjalanan. Karena paket sudah termasuk makan, minum dan akomodasi," kata seorang pramuwisata, Fidelis.

 

Gatra.com memulai perjalanan dari dermaga Hotel Laprima pada Minggu pagi. Perjalanan dimulai pada pukul 07.00 WITA dengan Pulau Padar sebagai destinasi pertama. Sepanjang perjalanan selama 3 jam, pemandangan air laut yang bening dan gugusan kepulauan tak berpenghuni yang indah bisa memanjakan mata.

 

Tujuan pertama yakni Pulau Padar, sebuah pulau tak berpenghuni yang terletak di dekat Pulau Komodo. Di pulau yang berbukit-bukit ini menjadi spot yang sangat menarik untuk berfoto dari atas bukit Padar. Untuk mencapai bukit Padar, wisatawan harus mendaki puncak setinggi 300 meter di atas permukaan laut  melalui 480an anak tangga.

 

Butuh fisik yang prima untuk mendaki bukit karena trek yang terjal dan miring. Sampai di puncak bukit, dari kanan-kiri pulau wisatawan disuguhi pemandangan laut indah. Gugusan karang pun terlihat dari atas bukit. Menakjubkan!

 

Puas berfoto ria di pulau Padar selama kurang lebih 1 jam, perjalanan dilanjutkan ke pulau Komodo yang hanya memakan waktu 45 menit dari Pulau Padar. Di pulau yang sudah terkenal dengan Komodonya, wisatawan disambut dengan tugu "Komodo National Park The World Heritage Site" di depan dermaga. Di Taman Nasional yang dilindungi UNESCO ini, wisatawan harus berkoordinasi dengan pengelola Taman Nasional dan harus selalu didampingi oleh ranger.

 

Pengelola dan ranger berjumlah 30 orang dan bermukim di Loh Liang (Teluk Sarang dalam bahasa setempat) tepat di depan dermaga. Sebelum menjelajahi pulau seluas 30 hektare ini, wisatawan akan dibagi menjadi kelompok kecil dan mengikuti briefing singkat dari pengelola. Ada beberapa peraturan yang harus ditaati wisatawan seperti dilarang merokok, membuang sampah dan tidak boleh terpencar dari kelompok.

 

"Karena selain komodo ada binatang liar lain seperti babi hutan dan rusa, apalagi Komodo bisa menyerang kapan saja," jelas seorang ranger, Usman. Tur melihat hewan purba ini berlangsung selama kurang lebih 20 menit karena keterbatasan waktu sebagai wisatawan "one day trip". Rombongan pun melanjutkan perjalanan ke Pantai Pink, masih di sekitar Pulau Komodo yang hanya berjarak waktu 20 menit dari Pulau Komodo.

 

Pantai Pink atau Pink Beach seperti namanya adalah pantai yang memiliki pasir berwarna merah muda. "Pasirnya memang putih tapi kalau kena air laut warnanya jadi pink," ucap Fidelis.

Namun pramuwiasata tersebut tak mengetahui secara persis mengapa pasir tersebut menjadi warna pink. Ia hanya mengetahui Pink Beach atau Pantai Merah  hanya ada 7 saja di dunia. "Ada di Italia, Filipina, Yunani, Bahama Bermuda dan Karibia," ungkapnya

Selain di Pink Beach adapula Pulau Kanawa yang dekat dan searah pulang ke Labuan Bajo dan pulau lain yang memiliki spot untuk snorkeling dan diving.Bila tak mempunyai alat snorkeling dan diving wisatawan dapat menyewa alatnya karena di dermaga Labuan Bajo tersedia lengkap dengan beragam harga. 

 


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Hendri Firzani

 

 

Ervan
04-12-2017 17:59