Main Menu

Jelang Imlek, Ribuan Wisman Tiongkok Pesan Paket Wisata ke Bali

Fahrio Rizaldi A.
27-01-2018 13:36

Ilustrasi. (Shutterstock/AK9)

Jakarta, Gatra.com - Upaya Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam menjaring wisatawan Tiongkok mulai menunjukkan hasil. Sebelumnya, pada 23 Januari lalu, Menpar menghadiri kegiatan Business Gathering di Beijing, Tiongkok. Saat itu, Menpar melakukan promosi intensif kepada para pelaku pariwisata dan media di negeri Tirai Bambu tersebut.


Hasilnya, sebanyak 400 pelaku industri berkomitmen untuk menggiring wisatawan ke Indonesia. Dalam waktu singkat, tiga agen pariwisata di Bali, yaitu Tjendana Mandala Sakti (TMS), ProBali, dan Jetwing menerima reservasi dalam gelombang besar dari Tiongkok.

TMS mendapatkan pesanan paket wisata dari 6.000 wisatawan Tiongkok, dan 15.000 pesanan lagi sedang dalam proses. Lalu ProBali Pandu Wisata sudah mendapatkan pesanan 5.000 pax untuk periode perayaan Tahun Baru Imlek. Sementara reservasi definitif untuk Imlek dari Jetwing 4000 pax.

"Sejak tahun lalu, bulan Februari adalah khusus kunjungan dalam rangka Imlek sekitar 100 ribuan," kata Vinsensius Jemadu, Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran II Regional I (China) Kemenpar, dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/1).

Tak hanya itu, maskapai Jetwing juga telah mendapatkan pesanan charter pesawat dari Shanghai menuju Bali sebanyak 30 kali seminggu sejak 20 Januari lalu sampai 1 Februari mendatang, dengan kapasitas 720 pax selama dua minggu.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Menteri Arief Yahya, atas kunjungan kerja bersama travel agent dan media semakin meyakinkan, bahwa Bali memang sudah normal, dan boleh dikunjungi wisatawan," kata Vinsensius.

Seperti diketahui, pada 23 Januari lalu, Menpar Arief Yahya berkunjung ke Beijing. Di sana, dia melakukan pertemuan dengan 7 perusahaan yang bergerak di bidang industri pariwisata, serta press conference dan presentasi dalam acara gathering bersama Alitrip, anak perusahaan Alibaba, e-commerce company terbesar dunia milik Jack Ma. Lalu Baidu, Tuniu, Qunar, Tongcheng, EBTC, dan perusahaan pen-charter pesawat wisata ke Indonesia. 

Menteri asal Banyuwangi, Jawa Timur itu mempromosikan pulau Bali sebagai destinasi merayakam Imlek kepada warga Tiongkok. Menpar juga menjelaskan, pihaknya akan menggelar famtrip media pada tanggal 19-23 Januari 2018, dengan 10 media dari Shanghai ke Bali, 10 media dari Guangzhou tanggal 27-31 Januari 2018, 10 media dari Beijing tanggal 3-6 Februari 2018. "Biar mereka melihat sendiri, merasakan sendiri dan menceritakan kepada masyarakat Tiongkok melalui media," kata Arief.


Reporter: Rizaldi Abror
Editor: Iwan Sutiawan

Fahrio Rizaldi A.
27-01-2018 13:36