Main Menu

Pembangunan Bandara Internasional Bali Utara Tunggu Ijin Kemenhub

Anthony Djafar
23-02-2018 08:30

Ilustrasi(GATRA/Adi Wijaya/re1)

Jakarta, Gatra.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng, Bali, Dewa Ketut Puspaka mengatakan bahwa  rencana pembangunan proyek bandar udara (Bandara)  Bali Utara (BIBU), tetap akan dikerjakan di wilayah Kabupaten Buleleng. Meski masih menunggu ijin dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). 

 

"Semuanya sudah siap, tinggal menunggu izin penetapannya dari Kemenhub," katanya kepada Gatra.com, usai menghadiri pemaparan rencana pembangunan Bandara Internasional Bali Utara, di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (22/02).

Puspaka mengatakan dari hasil kajian yang sudah ada sebelumnya, lokasi lahan sudah memenuhi persyaratan karena berada pada garis pantai 158 Kilometer dan pantainya tenang sekali. Itu berbeda dengan wilayah yang berada di Selatan.

”Potensi kekayaan alam dan kultural sosial masyarakat Buleleng juga sudah siap dengan kehadiran pembangunan proyek bandara di wilayahnya,” katanya.

Puspaka menyebut bahwa Pemda menawarkan dua lokasi strategis, cukup luas  dan memadai untuk proyek tersebut. Lokasinya di daerah Groga dan Kubu Tambak. 

"Tingga pemerintah pusat mengkajinya di aspek teknis ekonomisnya. Tapi kelihatannya lokasi Kubu Tambak lebih menjanjikan karena punya daya tarik tersendiri," katanya. 

Soal bagaimana Amdalnya, Puspaka menyebut semua itu tergantung dari ijin dari Kemenhub.

“Begitu Kementerian Perhubungan menetapkan dan menerbitkan kepastian izin lokasinya, maka kajian Amdalnya dapat segera di proses,” katanya.


Reporter: MEF
Editor: Anthony Djafar

Anthony Djafar
23-02-2018 08:30