Main Menu

Festival Sriwijaya Digelar Berbarengan dengan Asian Games di Palembang

Iwan Sutiawan
27-02-2018 19:46

Kepala Disbudpar Sumsel, Irene Camelyn( (ANTARA Sumsel/16/Indra Goeltom/re1)

Artikel Terkait

Palembang, Gatra.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan (Disbudpar Sumsel) memastikan akan menggelar festival mengenai Kerajaan Sriwijaya saat perhelatan Asian Games 2018 di Palembang. Perhelatan yang menampilkan sejarah Kerajaan Sriwijaya akan digelar selama hampir satu bulan, yakni mulai dari 4 Agustus hingga 2 September mendatang.


Kepala Disbudpar Sumsel, Irene Camelyn mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan instansi dan kementerian, seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata, dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya untuk menggelar festival khusus mengenai Kerajaan Sriwijaya saat perhelatan Asian Games di Palembang itu.

Meski Asian Games, berlangsung pada 18 Agustus hingga 2 September, namun perhelatan festival Sriwijaya akan berlangsung lebih lama dari sebelumnya. "Festival ini baru pertama kali digelar di Palembang dan tahun lalu, digelar di Jakarta. Festival Sriwijaya akan khusus memamerkan perkembangan, perjalanan Sriwijaya, termasuk cerita kemaritimannya serta menampilkan berbagai peninggalan semasa zaman itu," katanya.

Kurang lebih, kata dia, festival akan lebih banyak memperlihatkan bagaimana perkembangan Kerajaan Sriwijaya di Palembang hingga mencapai puncak kejayaannya pada abad 7-9 yang lalu.

Beberapa peninggalan Sriwijaya akan ditampilkan dan digambarkan dalam bentuk visual yang lebih berdimensi dan dapat dinikmati oleh banyak kalangan, terutama turis yang hadir di Palembang karena adanya Asian Games, 2018.

"Jika mencontoh yang di Jakarta lalu, akan ada perwujudan kapal pesiar yang menjadi icon perlayaran samudra yang memperlihatkan bagaimana Sriwijaya menguasai kawasan darat dan samudra Hindia, terutama terkhusus di Sumsel," katanya.

Menurut Irene, pergelaran Festival Sriwijaya dilakukan karena memang sebagai tuan rumah Asian Games XVIII, Kota Palembang memiliki catatan sejarah yang mengikat. Tahun lalu, perhelatan Festival Sriwijaya di Jakarta digelar di sebuah museum yang memperlihatkan berbagai barang peninggalan seperti halnya cangkir-cangkir China dan juga dipamerkan berbagai rempah-rempah yang menjadi daya tarik perdagangan kala itu.

"Kita ingin memperlihatkan bagaimana Palembang, terutama Sumsel juga sudah terkenal dengan hubungan dagangnya sampai ke luar negari hingga ke Asia," ujarnya.

Selama festival tersebut juga akan dihelat berbagai seminar dan talkshow dengan beragam judul bertema perlayaran dan kebesaran Kerajaan Sriwijaya. Harapannya, para atlet terutama pendatang yang berasal dari Asia juga semakin ingat dengan Kota Palembang sebagai bagian dari perkembangan Sriwijaya di Asia.

Kata Irene, sebagai pameran dengan skala internasional, maka berbagai bacaan dan alat peraga video pameran yang lebih modern akan ditampilkan dalam dua bahasa, yakni bahasa Indonesia dan Inggris. "Perjalanan Sriwijaya akan diperlihatkan lebih lengkap di festival selama sebulan ini," katanya.


Reporter: Tasmalinda
Editor: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
27-02-2018 19:46