Main Menu

Sumsel Hadirkan 36 Agenda Wisata Sepanjang 2018

Iwan Sutiawan
23-03-2018 18:01

Jelajah Alam Serasan Seandanan 7 (JASS) . (Dok. Pemkab Oku Selatan/FT02)

Artikel Terkait

Palembang, Gatra.com - Sepanjang tahun 2018 ini, Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai tuan rumah Asian Games XVIII menyajikan 36 agenda wisata. Pada Maret ini, sudah dua event wisata yang menjadi agenda, yakni Dempo Offroad adventure dan jelajah alam serasan seandanan di OKU Selatan.


Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Irene Camelyn, agenda wisata Sumsel pada tahun ini memang lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Mengingat, Sumsel juga menjadi tuan rumah Asian Games pada Agustus-September mendatang.

Adanya Asian Games di Sumsel merupakan kesempatan bagi Pemerintah Provinsi Sumsel untuk mempromosikan pariwisata andalannya. Karena itu, sebanyak 36 event wisata akan digelar di sepanjang 2018. Agenda wisata tersebut sudah dimulai sejak Februari lalu dan Maret ini sedang berlangsung.

"Agenda wisata tahunan sudah dibuka Februari lalu dengan adanya festival triagle yakni penampilan tiga etnis wisata yang berkembang di Palembang. Penyelenggaraannya oleh Pemerintah Kota Palembang," ujar Irene beberapa waktu lalu.

Selain festival, juga terdapat perayaan masyarakat Thionghoa, mulai dari Imlek dan Cap Go Meh di Pulau Kemaro dan Pulau Kapitan di Palembang. Agenda wisata lainya pada bulan April, seperti Haul Ki Marogan di Palembang, Funbike Musi Rawas, Fest Musi Emas di Empat Lawang, National Cat Show di Palembang selama dua hari dan songket festival pada tanggal 27-28 April juga di Palembang.

Mulai mendekati Mei, agenda wisata lainnya yang akan digelar Sumsel seperti Festival Basemah di Pagar Alam. Di kota yang sama, juga bakal digelar festival kopi Pagar Alam sedangkan pada 3 Mei di Pali digelar turnamen golf.  Pada 10 Mei, mendekati bulan suci Ramadan, akan berlangsung Ziarah Kubro yang sering dihadiri oleh jemaah dari luar negeri, seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Arab Saudi.

"Semakin mendekati Juni dan Juli, makin difokuskan untuk menyambut Asian Games di Palembang di antaranya dengan festival Sriwijaya selama satu bulan," kata Irene.

Sedangkan pada bulan Agustus yang menjadi waktu penyelenggaran Asian Games, digelar lomba bidar tradisional dan lomba biduk tradisional, pada 14-17 Agustus sedangkan Asian Games Fotografi dan Asian Games Creative Exhibition akan digelar selama 10 hari, mulai dari 17-27 Agustus. 

Di Palembang yang menjadi lokasi perhelatan Asian Games, juga digelar Musee Indie Fest dan diakhir Agustus, kembali digelar festival kuliner V. "Meski sudah Asian Games, agenda wisata juga masih akan digelar," ujar Irene.

Sedangkan pada bulan September akan digelar festival randik di Musi Banyuasin dan di Pagar Alam akan dikemas agenda wisata Dempo Tea Walk. Pada Oktober di Sumsel akan berlangsung Kejurnas dan Kejurda Offroad di Prabumulih, festival gendang melayu di Lubuk Linggau dan lomba batik Pali, pada 24 Oktober di Pali.

Sementara dua bulan di penghujung tahun, juga terdapat agenda wisata yang tidak kalah menarik yakni November akan berlangsung Internasional Musi Triboaton, Pesona Wisata Offroad Adventure Baturaja, dan lomba foto ekspedisi burung migran di Banyuasin.

Selain itu, pada November juga terdapat pagar alam heritage trail di Pagar Alam dan Haul Syech Zawawi di Palembang. Pada Desember akan berlangsung Dempo Summit Adventure di Pagar Alam.


Reporter: Tasmalinda
Editor: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
23-03-2018 18:01