Main Menu

Tanjung Lesung Incar Peserta Atlet Triathlon Asia

Wanto
26-04-2018 10:27

Ilustrasi Rhino Cross Tanjung Lesung 2018. (Dok. Rhino Triathlon/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung kembali menggelar Rhino Cross pada 29-30 September 2018 mendatang.

Rhino Cross atau Rhino X-Tri sendiri merupakan ajang kejuaraan terbuka cross triathlon pertama di Indonesia yang terdiri dari lomba berenang, balap sepeda, dan lari melintasi keindahan dan tantangan alam Tanjung Lesung.

Rhino X-Tri dihelat bersama sport tourism event lainnya yaitu Rhino Trail Run dan Rhino MTB XCM (Rhino Mountain Bike Cross Country Marathon).

Untuk menjaring peserta lebih luas di wilayah Asia dan sekitarnya, panitia pelaksana menggandeng Kuai Sports Promotions, sebuah konsultan event olahraga yang berbasis di Hong Kong sebagai mitra promosi event.
 
"Rhino Cross Triathlon menjadi mata acara utama dari gelaran akbar Festival Pesona Tanjung Lesung yang merupakan sebuah perhelatan bertema sport tourism yang begitu populer dan mampu menarik wisatawan domestik, sekaligus mancanegara untuk mengunjungi dan menikmati keindahan alam dan budaya Banten," ujar Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural & Ketua Pelaksana Kalender Event Indonesia 2018, Dra. Esthy Reko Astuty, Kamis (27/4), di Jakarta.

"Agenda Rhino X-Tri merupakan rangkaian Festival Pesona Tanjung Lesung yang akan digelar pada 29-30 September 2018 di mana event ini merupakan kolaborasi program Dinas Pariwisata Pemprov Banten, Dinas Pariwisata Pemkab Pandeglang, dan Pengelola KEK Tanjung Lesung PT Banten West Java yang didukung penuh dan sudah menjadi Calendar of Event Program Kementerian Pariwisata Republik Indonesia," katanya menambahkan.
 
Sementara itu, Managing Director PT. Banten West Java (Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung) & Chief of OC, Rully Lasahido menjelaskan, Rhino X-Tri dihelat berdekatan dengan event triathlon internasional, Singapore Triathlon dan Beijing Triathlon untuk membidik atlet-atlet mancanegara.

“Tanjung Lesung untuk ini bekerja sama dengan Kuai Sports, sebuah konsultan event yang memiliki peran strategis dalam mempromosikan event kita di luar negeri. Mereka yang menyarankan untuk memundurkan waktu eventnya untuk penyelenggaraan yang lebih baik,” ujar Rully lebih jauh.
 
“Penyelenggaraan Rhino X-Tri tahun ini tentu menawarkan tantangan dan keseruan baru. Berbeda dengan tahun sebelumnya, ajang cross triathlon menampilkan kategori jarak yang lebih jauh," ujarnya.

Selain itu di ajang Rhino Trail Run, kompetisi tahun ini untuk kelas Ultra 50 km akan disiapkan untuk masuk ke rangkaian kalender event berskala internasional, Asian Trail Master 2020.

Sementara kategori Rhino melombakan nomor renang 1000 meter, balap sepeda 20 kilometer dan lari 10 kilometer serta kategori Bull yang melombakan renang 500 meter, balap sepeda 10 kilometer dan lari 5 kilometer.

Di ajang Rhino Mountain Bike XCM akan dipertandingkan kategori-kategori, Men Elite, Women Open, Men Open dan Men Master.

Registrasi peserta akan resmi dibuka saat peluncuran Rhino X-Tri yang rencananya akan dihelat pada 12-13 Mei 2018 di Tanjung Lesung dengan menggelar perhelatan Rhino Kite Festival sebagai bagian dari rangkaian ajang kompetisi Rhino X-Tri ini.


Reporter: Wanto
Editor: Iwan Sutiawan

Wanto
26-04-2018 10:27