Main Menu

Plt Gubernur Imbau Masyarakat Vote Agar Riau Kembali Juara Umum API

Iwan Sutiawan
04-06-2018 10:34

Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018. (Dok. GATRA/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Plt Gubernur Riau, H Wan Thamrin Hasyim, mengimbau seluruh masyarakat Riau untuk memberikan dukungan suara (vote) agar Provinsi Riau dapat mempertahankan gelar juara umum dalam Malam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018.

Plt Gubernur Riau dalam surat perihal Anugerah Pesona Indonesia Tahun 2018 yang diterima Gatra.com di Jakarta, Senin (4/6), menyampaikan, bahwa ada tujuh nominasi dari Riau masuk dalam 7 ketegori API 2018.

"Diharapkan pertisipasi seluruh masyarakat Riau dalam memberikan suara atau vote mulai dari 1 Juni sampai dengan 31 Oktober 2018," demikian surat Plt Gubernur Riau.

Kategori pertama, adalah minuman tradisional terpopuler Air Mata Pengantin dari Kabupaten Indragiri Hulu. Kedua, cendera mata terpopuler tanjak dari Provinsi Riau. Ketiga, atraksi budaya terpopuler perahu baganduang dari Kabupaten Kuantan Sengingi.

Kategori keempat, wisata halal terpopuler Gema Muharram dari Kabupaten Indragri Hilir. Kelima, fistival pariwisata terpopuler adalah Festival Cian Cui dari Kabupaten Kepulauan Meranti.

Keenam, kategori tujuan wisata baru terpopuler yakni Teluk Jering dari Kabupaten Kampar dan terakhir, atau ketujuh, surga tersembunyi terpopuler yakni Air Terjun Batang Kapas di Kabupaten Kampar.

Ketujuh nominasi asal Riau tersebut akan bersaing dengan 11 nominasi dari daerah lainnya yang diperlombakan dalam API 2018. Adapun API ini merupakan rangkaian kegiatan penghargaan tahunan di bidang pariwisata.

Event ini diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia untuk mendorong peran serta berbagai pihak dalam mempromosikan pariwisata Indonesia.

Sementara itu, mantan Kapolres Meranti AKBP, Zahwani Pandra Arsyad, mengatakan, Polri mendukung pengembangan pariwisata di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Riau dan khususnya Meranti.

"Saya saat menjabat Kapolres Meranti memfasilitasi unsur keragaman budaya yang berbaur menjadi satu tanpa unsur SARA dan momen ini bisa menjadi destinasi wisata," kata Pandra.

Selain itu, destinasi wisata tersebut juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar sehingga terwujudnya Harkamtibmas, dan ini juga bisa menjadi role model atau contoh bagi para kapolres yang lain untuk memajukan pariwisata di wilayah hukumnya masing-masing.

"Karena tugas Polri sesuai UU Nomor 9 Tahun 2010 tentang Kepariwisataan, bahwa tugas Polri harus dapat menjaga keamanan wisatawan mancanegara dan wisatawan nasional sesuai Sapta Pesona: Aman, Nyaman, Tertib, Sejuk, Ramah, Indah, dan Kenangan," ujar Pandra.

Anggota Polri yang sempat menjadi Abang Jakarta tahun 1991 itu, mengatakan, bahwa anggota Polri juga harus memajukan pariwisata, terlebih Indonesia sebagai tuan rumah perhehelatan pesta olahraga akbar di Asia yakni Asian Games 2018.


Editor: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
04-06-2018 10:34