Main Menu

Kementerian PUPR Dukung Infrastruktur Kawasan Strategis Pariwisata Borobudur

Umaya Khusniah
01-07-2018 03:58

Borobudur (Dok. Gatra/Abdul Malik MSN/yus4)

Artikel Terkait

Jakarta, Gatranews.com - Kementerian PUPR mendukung penyediaan infrastruktur di kawasan srategis pariwisata Borobudur. Melalui Ditjen Cipta Karya pada Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), Kementerian PUPR menyediakan akses jalan, penataan kawasan, air bersih, sanitasi, dan persampahan.

Seperti diinfokan, saat ini pemerintah tengah mengembangkan sektor pariwisata secara intensif melalui program pembangunan 10 KSPN. "Sekarang keseluruhan memberikan kontribusi penting dalam upaya mencapai jumlah 20 juta wisatawan pada tahun 2019 sebagaimana menjadi target Presiden RI," ujar Kabiro Humas Kementerian PUPR, Endra Saleh Atmawidjaja melalui rilis kepada media, Sabtu (30/6).

Bentuk dukungan Kementerian PUPR seperti disebutkan Endra, di antaranya  pelebaran jalan sesuai dengan standar jalan pada ruas Jalan Sentolo ke Dekso dan pelebaran Jalan Tempel-Pakem-Prambanan.

Selain itu juga, peningkatan jalan lingkungan dan drainase pada 10 desa di KSPN Borobudur, peningkatan jalan akses ke Balkondes di Desa Borobudur, serta pembangunan lahan parkir dan toko souvenir Desa Karangrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Untuk pendukung KSPN Borobudur, Kementerian PUPR juga tengah  membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) KSPN Borobudur. Kapasitasnya mencapai 35 lite/detik yang nantinya sebagai penyedia kebutuhan air minum untuk 12 desa.

Pembangunan SPAM ini sudah dimulai sejak 24 November 2017. Pembangunannya ditargetkan selesai pada 3 Desember 2018 melalui skema kontrak tahun jamak. "Progres fisik pekerjaan kini mencapai 64,11%," pungkas Endra.


Reporter: Umaya Khusniah
Editor: Iwan Sutiawan

Umaya Khusniah
01-07-2018 03:58