Main Menu

Eksotisme Teluk Tahuna di Atas Bukit Pusunge

Birny Birdieni
17-08-2018 14:09

Wisata Bukit Pusunge di Kepulauan Sangihe (Dok. PLN/yus4)

Kepulauan Sangihe, Gatra.com- Kopi hangat mengepul dari secangkir gelas. Minumnya sambil ditemani pisang goreng dengan sambal cabai sebagai cocolan. Tak lupa, kecap pun bisa menjadi toping tambahan untuk panganan malam di atas bukit puncak pusunge itu.

 

Sajian tadi melengkapi pemandangan temaram malam hari dengan kerlip lampu di Teluk Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Pusunge bisa menjadi salah satu daya tarik wisata di Sangihe.

Puncak bukit setinggi 443 meter dari permukaan laut tersebut bisa memberikan sajian lengkap. Mulai dari melihat matahari terbit ataupun sunrise. Hingga pemandangan eksotis Tahuna di malam hari. Lokasi ini bisa menjadi pemandangan yang Instagram-able.

Bahkan kalau anda ingin menjajal pengalaman lain yang cukup langka adalah datang ke Pusunge ketika burung pemangsa sedang bermigrasi dari Asia ke benua lainnya.

Karena burung pemangsa tadi akan singgah  ke Pusunge sebelumnya. Waktunya hanya ada dua periode, yakni Maret hingga Mei dan September hingga November.

Maka saat itulah pemandangan ribuan burung akan nampak melintas di langit Pusunge itu. Jika anda ingin berburu momen tersebut, maka jangan lewatkan untuk membawa peralatan fotografi anda maupun teropong untuk menikmati pengalaman tersebut.

Lokasi Pusunge tak jauh dari Tahuna. Untuk sampai ke sana anda bisa menggunakan kendaraan mobil pribadi yang ditempuh dengan waktu 20 menit. Namun bila menggunakan motor bisa ditempuh lebih cepat.

Ataupun bila lebih murah, opsi dengan diantar ojek bisa jadi pilihan. Cukup merogoh biaya Rp70 ribu untuk diantar pulang pergi ke lokasi wisata eksotis berjarak 9 km tersebut.

Nah untuk menuju Sangihe, anda harus melalui  penerbangan dari Bandara Sam Ratulangi, Manado ke Bandara Naha dengan waktu perjalanan 1 jam. Atau bila mau, opsi menggunakan jalur laut juga bisa dilakukan dengan jarak tempuh 9 jam perjalanan.

Bagi yang berwisata ke Manado, mampir ke Pulau Sangihe bisa menjadi salah satu pilihan destinasi pulau yang berbatasan langsung dengan Filipina tersebut.


Editor : Birny Birdieni

Birny Birdieni
17-08-2018 14:09