Main Menu

Tiga Gili di Lombok Dibuka Mulai 25 Agustus

Birny Birdieni
17-08-2018 22:25

Wisata Gili Trawangan, Lombok. (GATRA/Hernawardi/yus4)

Mataram, Gatra.com- Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Nusa Tenggara Barat (NTB), HL. Faozal mengatakan bahwa pariwisata Lombok khususnya di kawasan Gili Matra (Gili Meno, Gili Air, Gili Trawangan) di Kabupaten Lombok Utara (KLU) akan mulai dibuka kembali pada 25 Agustus mendatang.

 

Faozal menyebut bahwa pembenahan pariwisata tiga gili itu juga akan dibarengi dengan perbaikan infrastruktur publik terutama jalur transportasi hingga termasuk pos pelayanan tiket.

“Pos pelayanan tiket di tiga Gili roboh akibat gempa. Dermaga di Trawangan dan Gili Air juga mengalami kerusakan,” kata Faozal di Mataram, Jumat (17/8). Adapun untuk bangunan penginapan tak mengalami kerusakan masif.

Lebih lanjut Faozal berharap fasilitas pendukung pariwisata lainnya, seperti restoran juga dapat segera beroperasi. “Restoran bisa memberi pelayanan dulu. Dengan begitu para wisatawan bisa berkunjung secara bertahap," ungkapnya.

Karena untuk pasokan air dan listrik sejauh ini dalam kondisi aman. Karenanya, Faizal berharap bahwa perbaikan akan berangsur secara bertahap dimana diharapkan akan menjadi normal kembali pada September mendatang.

Guncangan gempa Lombok 7,0 SR yang terjadi Minggu (5/8) malam lalu telah menjadikan pariwisata di Lombok menjadi vakum. Termasuk ditutupnya jalur kapal cepat Bali ke tiga Gili.

Dalam waktu dekat Dispar NTB akan mengadakan komunikasi dengan pengusaha kapal cepat dari Bali untuk membuka kembali jalur tersebut. “Kita tak ada lagi cerita pariwisata lumpuh di Lombok khususnya di tiga gili. Pariwisata Lombok harus bangkit kembali,” kata Faozal.


Reporter: Hernawardi
Editor: Birny Birdieni

Birny Birdieni
17-08-2018 22:25