Main Menu

Inilah Alternatif Tempat Wisata Yang Pas Buat Backpacker Pemula

Mukhlison Sri Widodo
11-09-2018 22:51

Travelling. (shutterstock_367853279/RT)

Jakarta, Gatra.com - Gaya berwisata atau travelling memang ada berbagai macam. Backpacker alias seorang yang travelling dengan hanya membawa tas ransel dinilai lebih simple, hemat, dan menantang  untuk sebagian orang. Anda juga bisa travelling menjadi backpacker bersama keluarga, kerabat, ataupun seorang diri. 

 

Namun melancong tanpa didampingi pemandu profesional dan faktor keamanan suatu tempat wisata, sering menjadi alasan, sehingga jadi ragu melakukan travelling dengan cara mandiri ini. 

Padahal ada tempat-tempat wisata ramah, yang tak perlu dikhawatirkan bisa menyusahkan. Anda hanya perlu GPS, dan tentunya bahasa isyarat. 

Berikut referensi tempat-tempat wisata dalam maupun luar negeri yang aman dan seru untuk dijelajahi sebagai backpacker pemula: 

1. Yogyakarta

Yogyakarta yang istimewa merupakan daerah wisata paket lengkap. Bagaimana tidak, wilayah ini memiliki kekayaan wisata mulai dari budaya, alam, seni, hingga sejarah.  

Tempat wisata populer seperti Jalan Malioboro, Gunung Merapi, Keraton Yogyakarta, dan beragam Candi yang tersebar di sana tentu sayang untuk dilewatkan. 

Tak jauh dari kota ini, ada kolam natural Umbul Ponggok Klaten, kebun buah Mangunan, dan sejumlah tempat wisata lainnya. Biaya makan, akomodasi, dan wisata pun tergolong murah. Penduduk lokal Yogyakarta juga dikenal santun dan ramah kepada para wisatawan. 

2. Polandia

Negara yang terletak di Eropa Tengah ini juga dikenal ramah kepada para wisatawannya. Jika Anda ingin menikmati keindahan pedesaan khas Eropa dan udara segar, Anda wajib mengunjungi kota kecil Zakopane yang terletak di kaki Pengunungan Tatra.  Saat musim dingin, Anda juga bisa bermain olahraga ski di pegunungannya. 

Ada pula kota Poznan, kota tertua di Polandia yang terkenal dengan perguruan tinggi dan destinasi wisata sejarahnya. Di Poznan juga terdapat sebuah pulau kecil terletak di sungai Warta. Tidak perlu takut mencari akomodasi, karena semua kota di negara ini telah terhubung dengan jalur kereta api. 

3. Bukittinggi

Kota yang terletak di Sumatera Barat ini ikonik dengan menara Jam Gadang peninggalan kolonial Belanda. 

Sambil berjalan kaki, pelancong dapat mengunjungi salah satu kebun bintang tertua di Indonesia, Taman Margasatwa dan rumah adat Baanjuang Puti Bungsu yang berada di satu kawasan yang sama. 

Jika ingin menikmati pemandangan alam, Anda dapat mengunjungi  keasrian Danau Maninjau. Dan jangan lupa berbelanja cinderamata dan menikmati kuliner di Pasar Atas Bukittinggi. 

4. Thailand 

Negara ini sedang digandrungi oleh para wisatawan manca negara, termasuk dari Indonesia.  Selain dikenal dengan banyaknya pagoda bersejarah dan kejernihan pantainya. 

Thailand kini juga dilengkapi cafe tematik, seperti Matchbox Pinkplanter, dan lokasi yang mengadaptasi gaya bangunan Eropa di antaranya Palio Village, Primo Piazza, dan Santorini Park yang instagramable. 

Selain itu, Thailand juga dikenal dengan jajanan kulinernya yang menggiurkan hingga yang ekstrim seperti kalajengking, kecoa, ulat, dan serangga lainnya. 

Saat menjelajahi tempat wisata sebagai backpacker, akan lebih baik jika Anda bersikap membumi dan banyak berinteraksi dengan warga lokal sembari mempelajari kehidupan mereka. Nikmati objek  wisata yang ada, dan jadilah wisatawan yang bertanggungjawab. Selamat berpetualang. 


Reporter: CH
Editor: Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
11-09-2018 22:51