Main Menu

Yusril: Pengangkutan Sampah Tangguh Jawab Pemprov DKI

Iwan Sutiawan
05-11-2015 11:10

Yusril Ihza Mahendra (ANTARA/Yudhi Mahatma)

Jakarta, GATRAnews - Kuasa hukum Joint Operation PT Godang Tua Jaya (GTJ) dan PT Navigat Organic, Yusril Ihza Mahendra, mengatakan, sesuai perjanjian, bahwa pengangkutan sampah dari Jakarta ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat, merupakan tanggung jawab Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Dalam perjanjian antara Pemda DKI dengan Joint Operation PT Godang Tua dan PT Navigat, tugas mengangkut sampah sampai Bantargebang, adalah tangung jawab Pemda DKI," kata Yusril melalui pesan tertulis, di Jakarta, Kamis (5/11).

Pemprov DKI mempunyai lahan 108 hektar Di Bantar Gebang sebagai stockpile untuk menampung sampah. Sampah yang telah ditumpuk di stock pile, diangkut oleh Godang Tua dan Navigat ke fasilitas pengolahan untuk dijadikan kompos dan energi listrik.

"Fasilitas instalasi pengolahan sampah dan lahannya seluruhnya milik Godang Tua dan Navigat. Pemda DKI hanya punya lahan untuk stock pile," kata Yusril.

Untuk mengatasi keamanan dan kelancaran pengangkutan sampah dari wilayah DKI Jakarta ke Bantar Gebang, Pemda DKI membuat MOU dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi.

Namun, dua minggu terakhir keamanan dan kelancaran pengangkutan alami hambatan karena protes sebagian warga Bekasi yang dilewati truk pengangkut sampah. Akibatnya, pengiriman sampah yang sejak Juli-Agustus sebanyak 6,4 ribu ton per hari turun menjadi sekitar 3 ribu ton.

"Protes atas truk sampah DKI juga terjadi di Cileungsi, karena tumpahan dan polusi sampah yang tercecer dari truk, menimbulkan gangguan," kata Yusril.

Sementara Pemprov DKI tadak mempunyai MoU dengan Pemerintah Kabupaten Bogor tentang rute pengangkutan sampah yang dilewati truk, seperti MoU dengan Pemkot Bekasi.

"Jadi, masalah mulai menumpuknya sampah di DKI semata-mata adalah masalah pengangkutan ke Bantar Gebang yang menjadi tangung jawab Pemda DKI Jakarta," tandas Yusril.

Dengan demikian, lanjut Yusril, pengangkutan sampah sampai ke stockpile di Bantar Gebang, bukanlah tanggungjawab PT Godang Tua dan PT Navigat.


Reporter: Iwan Sutiawan
Editor: Tian Arief

Iwan Sutiawan
05-11-2015 11:10