Main Menu

Kang Emil: Kota Bandung Siap Gelar Festival Antikorupsi

Iwan Sutiawan
24-11-2015 18:29

Walikota Bandung Ridwan Kamil (ANTARA/Agung Rajasa)

Jakarta, GATRAnews - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah Festival Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia Tahun 2015, yang akan dilaksanakan pada 10-11 Desember mendatang. "Mewakili Pemerintah Kota Bandung, saya menyambut baik terpilihnya Kota Bandung menjadi tuan rumah Festival Antikorupsi dalam rangka hari Antikorupsi Internasional," kata Kang Emil -nama panggilannya- pada konferensi pers di gedung KPK, Jakarta, Selasa (24/11).

Menurutnya, KPK memilih Kota Bandung untuk menghelat acara peringatan hari antikorupsi sedunia, karena tingginya citizen engagement (keguyuban warganya). Selain itu, Kota Bandung juga mempunyai komunitas paling banyak di Indonesia.

"Kami ini salah satu kota yang jumlah komunitasnya paling banyak se-Indonesian, lebih dari 5.000 komunitas anak-anak muda," kata kang Emil.

Ia menambahkan, "Jadi menjadi menarik karena menyebarkan virus antikorupsi tidak melulu dengan media formal, tapi menggunakn sistem jaringan sosial yang disebut dengan komunitas," tambahnya.

Pada tanggal 10 dan 11 Desember 2015 yang jatuh pada hari Kamis dan Jumat nanti, Kota Bandung akan menyelenggarakan dua acara, yakni kegiatan utama yang belokasi di Sabuga dan 24 kegiatan lainnya yang tersebar di wilayah Kota Bandung.

"Kegitan utama di Sabuga dan akan ada 24 lebih kegiatan yang nanti tersebar di Bandung, di berbagai wilyah, di jalan-jalan, di taman-taman. Di Bandung kami tambahi, seluruh anak sekolah akan diberi komitmen integritas anti korupsi, nanti ada spanduk dengan cap tangannya di seluruh kelas mulai SD, SMP, SMA, dan seterusnya," kata Emil.


Reporter: Iwan Sutiawan
Editor: Tian Arief

Iwan Sutiawan
24-11-2015 18:29