Main Menu

Jaksa Agung Ambil Alih Kasus AS, BW, dan Novel

Iwan Sutiawan
05-02-2016 15:59

Jaksa Agung H Muhammad Prasetyo (GATRAnews/Adi Wijaya)

Jakarta, GATRAnews - Jaksa Agung H Muhammad Prasetyo mengatakan, sebagai penuntut umum tertinggi, pihaknya telah mengambil alih kasus dua mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), masing-masing Abraham Samad (AS) dan Bambang Widjojanto (BW), serta penyidik KPK Novel Baswedan dari jaksa penuntut umum.

"Saya sebagai jaksa agung, sebagai penuntut yang tertinggi, mengambil alih itu," kata Prasetyo, di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, Jumat (5/2), menjawab pertanyaan wartawan tentang perkembangan kasus para petinggi KPK.

Orang nomor satu di korps Adhyaksa ini menjelaskan, mengambil alih ketiga perkara itu dari jaksa penuntut umum (JPU) dan jaksa agung muda pidana umum (Jampidum) setelah memperhatikan aspirasi publik.

"Saya akan pelajari dan teliti lagi dengan seksama, sambil kita memperhatikan aspirasi yang ada di masyarakat yang tentunya di situ ada kepentingan umum," kata Prasetyo.

Setelah mempelajari dan memperhatikan aspirasi serta kepentingan umum, Prasetyo akan memutuskan apakah perkara AS, BW, dan Novel Baswedan layak atau tidak dilimpahkan ke pengadilan untuk disidangkan.

"Saya akan memutuskan apakah perkara tersebut layak dan patut untuk diajukan ke persidangan atau tidak," kata jaksa agung asal Partai Nasional Demokrat (NasDem).


Reporter: Iwan Sutiawan
Editor: Tian Arief

Iwan Sutiawan
05-02-2016 15:59