Main Menu

Mahfud: Masalah Saut dan HMI Tergantung Keputusan Masing-Masing

Iwan Sutiawan
13-05-2016 16:11

Ketua Presidium Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam, Mahfud MD (GATRA/Dharma Wijayanto/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Ketua Presidium Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI), Mahfud MD, tak menampik sempat membicarakan permasalahan antara Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang, dengan Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia (HMI).

 

"Mungkin sodara akan bertanya gimana dengan kasus Pak Saut Situmorang kan? Itu sudah pasti disinggung juga, masa dalam keadaan gini nggak disinggung," ujar Mahfud di KPK, Jakarta, Jumat (13/5).

 

Setelah menjadi khotib sholat jumat, lanjut Mahfud, ia bersilaturahim dengan jajaran pimpinan KPK, yakni Basaria Panjaitan, Alexander Marwata, dan Saut Situmorang, serta sekitar 30 orang karyawan.

 

Inti dari pembicaraan dalam silaturahim tentang masalah Saut dan HMI itu, bahwa semua tergantung dari sikap dari masing-masing pihak, termasuk KAHMI.

 

"Yang pada intinya, berproses pada organisasi masing-masing, yang HMI, yang KAHMI punya jalurnya sendiri yang diputuskan oleh organisasinya masing-masing," katanya.

 

Semua pihak harus menjalankan proses sesuai dengan fungsinya masing-masing demi kebaikan. "Yang KPK, Pak Saut mengatakan juga mengikuti proses-proses yang terjadi di masyarakat, dan beliau juga sudah minta maaf, dan menjelaskan duduk permasalahannya seperti yang dijelaskan," katanya.

 

Mahfud menambahkan, "Tetapi kita lihat, organisasi masing-masing seperti KAHMI, HMI kan independen, tentu ada keputusan-keputusan sendiri, tentu dengan mendengar pertimbangan-pertimbangan yang masuk. Itu saja."


Reporter: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
13-05-2016 16:11