Main Menu

Politisi PPP Minta Pemerintah Upayakan Pembelaan Maksimal untuk TKI Rita 

Ervan
31-05-2016 11:13

Aksi Tolak Hukuman Mati Rita (Antaranews/-Siswowidodo/AR7)

Jakarta, GATRAnews - Anggota Komisi IX DPR Muhammad Iqbal meminta pemerintah terus memperjuangkan nasib TKI Rita Krisdianti yang dijatuhi hukuman mati oleh pemerintah Malaysia karena kasus narkoba. Menurut Iqbal, pemerintah harus menyiapkan pengacara dan memantau proses hukum Rita. "Kami meminta kepada pemerinta khususnya Kemlu dan BNP2TKI untuk berupaya semaksimal agar Rita bisa terbebas dari hukuman mati dan memastikan Rita mendapat pendamping atau pengacara  untuk memastikan proses hukum berjalan fair dan berimbang," katanya saat dihubungi, Selasa (31/5). 

Sekretaris Fraksi PPP di DPR ini juga menilai Kemlu harus memastikan agar proses hukum Rita berjalan adil, karena bagaimanapun Rita adalah warga negara yang harus dilindungi hak-hak hukumnya. "Karena bagaimanapun Rita adalah warga negara indonesia dan sudah kewajiban negara utk hadir didalam membela warga nagara indonesia baik itu di dalam maupun luar negeri," tegasnya. 

Sebelumnya seorang TKI asal Ponorogo bernama Rita Krisdianti, telah divonis hukuman mati di Malaysia. Rita dihukum mati setelah dinyatakan bersalah karena membawa narkoba jenis sabu sebanyak empat kilogram. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) membenarkan laporan tentang vonis mati terhadap Rita di Malaysia. Namun, Rita yang dibantu pihak Kemlu akan mengajukan banding ke pengadilan di Penang terkait vonis mati itu. 

”Bahwa hari ini telah diputuskan bersalah, karena yang bersangkutan dituduh menyelundupkan narkoba dan diputuskan akan dikenakan hukuman mati," kata juru bicara Kemlu Indonesia, Arrmanatha Nasir, pada Senin (30/5). 


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Nur Hidayat

Ervan
31-05-2016 11:13