Main Menu

Kejagung: Ratusan Milyar ke Rekening La Nyalla Bukan Rekayasa

Iwan Sutiawan
10-06-2016 13:11

La Nyalla Mattalitti (GATRAnews/Adi Wijaya/yus4)

Jakarta, GATRAnews - Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejasaan Agung (Kejagung), Mohammad Rum, menegaskan, dugaan aliran dana hingga mencapai ratusan milyar yang masuk ke rekening tersangka La Nyalla Mattalitti dan keluarganya, bukan hasil rekayasa.

 

"Nggak, nggak rekayasa, itu semua fakta hasil penyidikan kita. Kalau dia membantah, ya itu hak dia. Jadi penyidik tidak terpaku pada keterangan tersangka saja. Alat bukti lain kita sudah punya dokumen, surat, saksi, ahli," tandas Rum di Jakarta, Jumat (10/6).

Meski dana hibah Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur (Kadin Jatim) totalnya hanya Rp 48 milyar, namun aliran dana ke rekening La Nyalla dan keluarga, sumbernya bukan hanya dari situ. "Iya total Rp 48 milyar, tapi hasil penyidikan kita banyak. Itulah sedang kita periksa itu, sidik dan dalami," tandas Rum.

Namun demkian, Rum menegaskan, La Nyalla belum dikaitkan dengan kasus tindak pidana pencucian uang lainnya karena penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim fokus pada kasus dana hibah Kadin Jatim.

"Yang sekarang kita fokusnya dana hibah, kita fokus dan perjelas. Kalau dia gamau menjawab, ya nggak ada masalah dengan kita. Kita akan cari alat bukti lain," ujar Rum.

Sedangkan saat wartawan menanyakan, apakah alat bukti lain itu bisa berasal dari pihak keluarga La Nyalla, Rum mengatakan, "Pokoknya sesuai perkembangan penyidikan. Kalau membutuhkan lebih jauh, ya kita lihat kebutuhan kita."


Reporter: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
10-06-2016 13:11