Main Menu

OTT KPK Diawali Penangkapan Staf Legislator Demokrat

Iwan Sutiawan
29-06-2016 22:32

Ruangan Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrat I Putu Sudiartana disegel KPK (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Komisi Pemberantasan Kourpsi (KPK) telah menetapkan 5 orang tersangka kasus suap  pemulusan anggaran 12 proyek ruas jalan di wilayah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) agar masuk Anggaran Pendapatan Belanja Negera Perubahan (APBN-P) 2016.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan saat konferensi pers di KPK, Jakarta, Rabu malam (29/6), mengatakan, pihaknya menetapkan kelima orang tersebut sebagai tersangka setelah menjaringnya dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di empat tempat berbeda, Selasa malam (28/6) hingga Rabu dinihari.

Adapun kelima tersangkanya, yakni Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, I Putu Sudiartana; Novianti (NOV) selaku Sekretaris Putu Sudiartana (IPS), Suhemi (SHM) dari pihak sewasta atau calo, Yogan Askan (YA) selaku pengusaha, dan Suprapto (SPT) selaku Kepala Dinas Prasarana Jalan Tata Ruang dan Pemukiman Pemerintah Provinsi Sumbar.

Kronologi OTT pada hari Selasa malam hingga Rabu dinihari itu, kata Basaria, berawal dari adanya informasi tentang suap terkait rencana pembangunan 12 ruas jalan di Sumbar senilai Rp 300 milyar.

Tim Satgas kemudian menangkap staf Putu di Komisi III bernama Noviyanti dan suaminya, Mukhlis di kediamannya yang berlokasi daerah Petamburan, Jakarta Pusat, sekitar pukul 18.00 WIB.

Tim Satgas membawa Noviyanti dan Mukhlis ke kantor KPK untuk melakukan pemeriksaan. Setelah mengorek informasi dari pasangan suami-istri ini, Tim Satgas bergerak menuju rumah Putu di Komplek Rumah Dinas DPR di Ulu Jami, Jakarta Selatan, sekitar pukul 21.00 WIB, dan mencocok sang legislator dari Fraksi Partai Demokrat itu.

Masih di hari yang sama, sekitar pukul 23.00 WIB, Tim Satgas KPK yang sudah berada di Padang, Sumbar, menangkap Yogan Askan dan Suprapto dan melakukan pemeriksaan di Polda Sumbar.

Tim Satgas KPK kemudian menuju Tebing Tinggi, Sumatera Utara (Sumut), dan mengamkan
Suhemi sekitar pukul 03.00 WIB dinihari. Suhemi merupakan orang kepercayaan Putu. Paginya, ketiga orang yang di tangkap di wilayah Sumatera itu diterbangkan ke Jakarta.

Setelah melakukan pemeriksaan intensif, KPK meningkatkan perkara ini ke penyidikan dan menetapkan 5 tersangka dari 6 orang yang ditangkap di 4 lokasi di atas.
Reporter: Iwan Sutiawan
Iwan Sutiawan
29-06-2016 22:32