Main Menu

TPF Akan Minta Video Testimoni Freddy Budiman ke Kemenkum HAM

Iwan Sutiawan
23-08-2016 17:40

Makam Freddy Budiman (ANTARA/Risyal Hidayat/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Tim Pencari Fakta (TPF) akan mendatangi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM), untuk meminta video testimoni terpidana mati gembong narkotika Freddy Budiman, yang diambil gambarnya sebelum dieksekusi. "Tim kita mau ke sana. Nanti kita buatkan satu berita acara penyerahan," kata Komisaris Jenderal Pol Dwi Prayitno.

Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri itu, di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Selasa (23/8), menyebutkan, Tim TPF akan mendatangi Kemenkum HAM karena video testimoni Freddy itu beredar di sana. Setelah mendapatkannya, tim akan mengkajinya tentang pengakuan Freddy dalam video tersebut.

"Jadi, nanti kita melihat sama-sama di situ. Apa fakta yang ada di dalam video tersebut. Fakta-fakta itu nanti dianalisa, ya," ujar Dwi.

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Pol Boy Rafli Amar mengatakan, ada video testimoni Freddy Budiman sesaat sebelum dieksekusi mati di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Video tersebut terdapat di Kemenkum HAM sehingga perlu koordinasi lebih lanjut dengan kementerian ini. Video tersebut disebu-sebut dipegang oleh salah satu staf di Kemenkum HAM.

"Secara garis besar isinya sementara ini kami belum dapat kepastian. Katanya sebelum dieksekusi," kata Boy.


Reporter: Iwan Sutiawan
Editor: Tian Arief
Iwan Sutiawan
23-08-2016 17:40