Main Menu

Iman: Pelaporan Ahok Kesepakatan Aliansi Pemuda Islam

Iwan Sutiawan
24-01-2017 18:21

Jakarta, GATRAnews - Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Palu Iman Sudirman mengatakan, pelaporan terhadap Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ke Polda Sulawesi Tengah, merupakan hasil kesepakatan Aliansi Pemuda Islam Sulawesi Tengah. Iman menyampaikan keterangan di atas saat memberikan kesaksian untuk terdakwa Ahok dalam kasus dugaan penodaan agama. Sidang berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (24/1).

Aliansi Pemuda Islam Sulawesi Tengah itu terbentuk pada tanggal 8 Oktober 2016 di Kampus Universitas Muhammadiyah Palu saat menggelar diskusi tentang penodaan agama yang digagas Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM).

Pada diskusi itu diputarkan video pidato Ahok di TPI Pulau Pramuka secara utuh, yakni 1 jam 48 menit. Setelah berdiskusi, sejumlah elemen organiasi menyepakati membuat aliansi dan menentukan sikap.

"Kesimpulan, melakukan aksi demonstrasi. Kami akan melaporkan tentang dugaan penistaan agama. Itu keputusan kolektif. Dua-duanya dijalankan besoknya tanggal 9 Oktober Peserta ada HMI, IMM, Pemuda Muhammadiyah, ada Kami," ujarnya.

Adapun aksi damai itu diikuti sekitar 30-40 orang dari berbagai organisasi, berlangsung di Mapolda Sulawesi Tengah. "Tanggal 9 di Mapolda Sulawesi Tengah, yang melaporkan saya atas nama Aliansi Pemuda Islam Sulawesi Tengah," katanya.

Menurut Iman, awalnya semua elemen yang ada di aliansi akan melaporkan Ahok. Namun pihak kepolisian tidak bisa menerima semuanya, sehingga minta perwakilannya saja.

"Semua yang ada di aliansi itu akan melapor, tapi polisi tidak bisa menerima semuanya, bagaimana kalau HMI yang melapor. Aliansi dibentuk tanggal 8 saat dikusi," ujarnya.

Jaksa penuntut umum Kejari Jakut mendakwa Ahok melakukan penodaan agama dan menjeratnya dengan dakwaan alternatif. Dakwaan altenatif pertama, yakni melanggar Pasal 156a KUHP. Dakwaan alternatif keduanya, melanggar Pasal 156 KUHP.


Reporter: Iwan Sutiawan
Editor: Tian Arief

Iwan Sutiawan
24-01-2017 18:21