Main Menu

Menkum HAM: Kerusuhan di Lapas Jambi Karena Razia Narkoba

Ervan
02-03-2017 11:49

Jakarta, GATRAnews- Ratusan narapidana (napi) di Lembaga Pemsyarakatan (Lapas) Klas II A Jambi mengamuk dan membakar sejumlah bangunan yang ada di dalam Lapas. Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasonna Laoly mengungkapkan kerusuhan dipicu rencana razia narkoba di Lapas setelah sebelumnya para napi dites urine.

"Ya sebelumnya ada tes Urin. Ditemukan ada yang positif sekitar 20 orang. Kanwil minta kerjasama dengan BNN dan Polri untuk menggeledah. Mungkin entah bagaimana ada reaksi berlebihan dari dalam. Itu dapat terkontrol tapi memang sempat yang dibakar blok wanita itu," kata Yasonna di Istana Negara, Jakarta, Kamis (2/3).

Razia narkoba menurut mantan anggota DPR ini karena menurut penyelidikan ada indikasi peredaran narkoba di Lapas tersebut.

"Ada yang dinilai sedang diselidiki ada indikasi yang positif. Ada yg masuk mungkin barangnya bagaimana makanya harus digeledah," lanjut Yasonna.

Namun tak hanya soal razia narkoba saja, Yasonna yang menghubungi Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkum HAM Jambi mengaku ada lagi tuntutan para napi. "Tapi saya sudah telpon ke Kanwil semalam dan Pak Danrem dan Polri yang ikut menjaga disitu. Ada beberapa tuntutan mereka air bersih, pembesaran septic tank karena udah sangat over capacity," ucapnya.


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Nur Hidayat

 

 

Ervan
02-03-2017 11:49