Main Menu

Gubernur Aher Himbau Wakil Bupati Cirebon Menyerahkan Diri

Dani Hamdani
30-05-2017 17:16

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) (GATRAnews/Adi Wijaya)

Bandung, GATRAnews - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengimbau supaya Wakil Bupati Cirebon Tasiya Soemardi Al Gotas alias Gotas yang telah resmi diberhentikan dari jabatannya itu, untuk segera menyerahkan diri. 

 
Seperti diketahui, Gotas merupakan terpidana kasus korupsi bantuan sosial (bansos) Kabupaten Cirebon tahun anggaran 2009-2012. Sejak Februari 2017 Gotas ditetapkan sebagai buron dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Hingga saat ini belum diketahui keberadaannya.
 
"Sebaiknya segera menyerahkan diri. Karena kalau menyembunyikan diri artinya tidak menaati hukum. Mau sampai kapan dia mau beresembunyi," kata Aher, usai penyerahan SK Pemberhentian Wakil Bupati Cirebon, di Gedung Pakuan, Jalan Otto Iskandardinata Bandung, Selasa (30/5).
 
Menurutnya, Gotas harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Semua proses hukum harus dihadapi dengan baik. "Apapun sebuah persoalan hukum harus dihadapi secara terbuka. Sehingga seluruhnya selesai dengan mulus," kata Aher.
 
Orang nomor satu di Jawa Barat itu mengaku selama ini tidak pernah berkomunikasi dengan Gotas. "Kalau komunikasi, saya langsung sama Bupati Cirebon selama ini," kata Gubernur.
 
Sementara itu, Bupati Cirebon Sunjaya Purwadistara mengaku, terakhir berkomunikasi dengan Gotas satu hari sebelum dia dinyatakan buron pada akhir Februari lalu. Saat itu, Gotas mengaku akan menyerahkan diri. Namun hingga waktu yang ditetapkan, tidak kunjung datang dan malah melarikan diri. 
 
"Waktu itu saya masih berkomunikasi karena dia masih aktif datang ke kantor. Setelah diputus dan dinyatakan buron habis itu saya tidak pernah berkomunikasi lagi dengan beliau," ujarnya seraya mengaku saat ini pihaknya tidak mengetahui keberadaan Gotas.
Reporter: Muha Zainal
Editor: Dani Hamdani 
Dani Hamdani
30-05-2017 17:16