Main Menu

Kerja Pansus Diperpanjang, KPK: Tunggu Putusan MK

Wem Fernandez
26-09-2017 14:11

Ketua KPK Agus Rahardjo (GATRA/Ardi Widi Yansah/HR02)

 

 

 

 


Menurut Agus, pihaknya tidak akan menghadiri undangan yang dilayangkan Pansus Angket KPK sebelum ada putusan yang dikeluarkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) terkait judicial review yang tengah diproses.

“KPK kan masih menunggu hasil sidang di MK, kalau diperpanjang ya setelah sidang MK ada putusannya. Kalau kami hadirnya di Pansus kan menunggu hasil persidangan di MK,” jelasnya sebelum Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi Hukum DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (26/9).

Agus berharap MK cepat mengeluarkan putusan atas judicial review atau putusan sela. Dengan putusan ini membantu KPK untuk bisa bersikap terkait Pansus Angket.

Ketua Pansus Angket KPK Agun Gunandjar Sudarsa saat membacakan hasil kerja Pansus dalam Sidang Paripurna menegaskan, tidak bisa mengeluarkan hasil rekomendasi atau kesimpulan 60 hari masa kerja Pansus. Sebab, Pansus membutuhkan keterangan KPK atas hasil yang diperoleh.

“Sidang yang kami muliakan, bahwa Pansus belum dapat membuat sebuah kesimpulan dan rekomendasi karena subjek dan objeknya belum bertemu dengan angket. Tidak fair dan tidak adil kalau dalam Sidang Paripurna kami mengambil keputusan sepihak atas temuan tersebut karena temuan itu harus dikonfirmasi terhadap objek dan subjek penyelidikan dalam hal ini KPK,” jelas Agun.

Agun menambahkan, Pansus Angket telah mengundang KPK untuk dimintai klarifikasi. Sayangnya, lembaga pemburu koruptor yang dipimpin Agus Rahardjo tidak bisa hadir karena sedang melakukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait UU MD3.

Atas sikap ini, Agun menilai KPK tidak menghormati proses yang tengah berjalan di Pansus.

“Padahal MK telah menolak permohonan provisi dan sudah ada putusan PTUN yang menganggap keberadaan kami diakui dan berjalan tanpa perlu terganggu dengan proses judicial review di MK,” demikian Agun.


Reporter: Wem Fernandez 
Editor: Arief Prasetyo

Wem Fernandez
26-09-2017 14:11