Main Menu

Terobosan Baru Penataan Konstitusionalitas Kebijakan

Dewi Fadhilah Soemanagara
30-11-2017 00:30

Mahkamah Konstitusi. (GATRA/Rifki M. Irsyad/AK9)

Jakarta, Gatra.comKODE Inisiatif , sebuah LSM nirlaba yang bergerak di bidang hukum, baru saja merilis sebuah situs database putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Kumpulan putusan dan anotasi MK disajikan secara informatif dalam 21 kategori, di antaranya Agraria, Hak atas Tanah dan Pangan, Kepresidenan, Kekuasaan Kehakiman, Kesehatan dan Jaminan Sosial, Pemilu, Penegak Hukum, Pendidikan, dan masih banyak lagi. Ada sekitar 900 putusan MK yang dapat diakses melalui konstitusi.org 

Veri Junaidi, Ketua KODE Inisiatif, memaparkan bahwa kehadiran situs ini bukan hanya untuk mempermudah publik dalam memetakan dan menganalisa hasil putusan MK. Situs konstitusi.org dibuat untuk memberikan tantangan, membuka ruang kolaborasi secara mendalam dan bersinergi dalam menjalankan konstitusi negara.

“Situs ini terinspirasi dari kerumitan yang mungkin kita semua alami. Putusan MK itu konstitusi tertinggi, jadi semestinya semua undang-undang di bawahnya tidak bertentangan dengan MK. Tapi faktanya ada banyak undang-undang dan regulasi yang bertentangan dengan MK. Berdasarkan permasalahan tersebut, kita membuat web konstitusi.org,” tandas Veri dalam acara peluncuran di Bart Rooftop Artotel, Menteng, Jakarta Pusat, (29/11).

Situs yang merupakan hasil kerja sama Program Setapak The Asia Foundation dengan KODE Inisiatif ini merangkum lengkap semua putusan MK sejak awal berdirinya di tahun 2003 hingga 2016. Diharapkan nantinya situs konstitusi.org dapat menjadi referensi bagi masyarakat luas, peneliti, praktisi hukum, hingga pengambil kebijakan.

Hamdan Zoelva, Ketua Mahkamah Konstitusi Periode 2013-2016, turut memberikan dukungan pada peluncuran konstitusi.org. Ia mengatakan, konstitusi adalah induk hukum tertinggi yang berlaku di suatu negara. Konstitusi tidak kaku, tetapi tumbuh berkembang dengan dinamis. “Website ini sangat berguna untuk menelusuri putusan MK. Putusan MK biasanya konsisten, walaupun ada perubahan tapi tidak banyak. Berbicara masalah konstitusi, berbicara masalah yang luas sekali. Karena konstitusi mencakup berbagai hal, politik, sosial, agama, budaya, dan lain sebagainya. Konstitusi itu untuk rakyat, bangsa, dan negara,” ujar Hamdan.

Melalui konstitusi.org, seluruh lapisan masyarakat diajak untuk mengawal konstitusi, membenahi kebijakan yang sengkarut, serta wadah kolaborasi bagi semua pihak.


Reporter: DFS
Editor: Nur Hidayat

Dewi Fadhilah Soemanagara
30-11-2017 00:30