Main Menu

Majukan Industri Dalam Negeri, Bea Cukai Jawa Barat Dorong Pemanfaatan Fasilitas PLB dan KITE IKM

Fatma
26-04-2018 14:53

Bandung, Gatra.com – Untuk memajukan industri dalam negeri dan meningkatkan potensi Industri Kecil dan Menengah, Bea Cukai Jawa Barat memberikan sosialisasi pemanfaatan fasilitas Pusat Logistik Berikat (PLB) dan Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Industri Kecil dan Menengah (KITE IKM) kepada 75 pelaku usaha IKM di Provinsi Jawa Barat. Acara yang diadakan pada hari Rabu (25/04) ini bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan fasilitas yang telah diberikan Bea Cukai.

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Barat, Saipullah Nasution, dalam acara tersebut mengungkapkan bahwa Bea Cukai turut berperan dalam memajukan industri dalam negeri melalui pemberian fasilitas kepabeanan dan cukai, Bea Cukai dalam fungsi industrial assistance atau trade facilitator ikut berperan aktif dalam membantu industri kecil melalui Pusat Logistik Berikat (PLB) dan KITE IKM, ujar Saipullah.

Saipullah menambahkan bahwa dengan memanfaatkan fasilitas KITE, beberapa IKM telah terbantu untuk memenuhi kebutuhan bahan baku. Kami juga mendapatkan testimoni dari para pengguna jasa bahwa mereka merasa terbantu dengan adanya fasilitas ini karena memberikan manfaat untuk menghemat biaya produksi, sehingga para pengusaha IKM bisa menurunkan harga jual di mana tujuannya dapat meningkatkan daya saing di pasar internasional, ungkap Saipullah.

Kami tentu akan terus secara aktif mensosialisasikan fasilitas-fasilitas yang Bea Cukai berikan untuk meningkatkan perekonomian dalam negeri. Diharapkan juga peran aktif pengguna jasa agar dapat mengupdate pengetahuan terkait kepabeanan dan cukai baik salah satunya bisa dengan berkonsultasi dengan petugas Bea Cukai atau menghadiri acara-acara sosialisasi yang Bea Cukai adakan, pungkas Saipullah.

Fatma
26-04-2018 14:53