Main Menu

BKPM: Industri Sektor Hulu Perlu Digenjot

didi
12-01-2016 16:24

Kepala BKPM Franky Sibarani (GATRA/Eva Agriana)

Jakarta, GATRAnews - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menyatakan, ketimpangan industri yang bergerak di sektor hulu masih sangat sedikit, sehingga perlu digenjot pembangunannya. “Saat ini sudah ada industri hulu dan hilir yang menjajaki untuk masuk dan investasi bangun pabrik bahan baku, tetapi mereka mengharapkan kesiapan Indonesia,” kata Franky, di Jakarta, Selasa (12/1).

Menurut menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin, pemerintah tengah menyiapkan kebijakan pemberian insentif bagi industri bahan baku obat di dalam negeri.

“Tentu akan ada insentif tax holiday atau lainnya agar investasi masuk dan ketergantungan terhadap bahan baku impor bisa berkurang. Salah satunya bersama BKPM menggaet investasi, apakah itu industri dalam negeri atau asing,” jelasnya.

Investasi industri bahan baku obat di dalam negeri, menurut Saleh, akan didorong dengan menambah keterbukaan kepemilikan asing. Beberapa kebijakan tersebut tengah dipersiapkan oleh pemerintah.

“Keterbukaan kepemilikan asing terhadap industri bahan baku obat saat ini baru 85%. Kalau bisa, dibuka saja 100% untuk mendorong investasi dan kita bisa membangun industri farmasi,” ujar Saleh.

Saleh menambahkan, era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) memudahkan akses dan memunculkan tantangan baru dengan meningkatnya arus barang dan jasa. Industri farmasi bisa menjadi industri andalan dan berperan menjadi penopang utama perekonomian di masa mendatang.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
12-01-2016 16:24