Main Menu

Kereta Cepat Bandung-Jakarta Dibincangkan 2099 Kali Setiap Hari

Dani Hamdani
11-02-2016 14:51

Kereta Cepat Hot Gosif selama Januari 2016 (GATRAnews/NoLimit Indonesia)

Jakarta, GATRAnews - Kereta Supercepat Bandung-Jakarta ternyata menjadi salah satu hot topik sepanjang bulan Januari. Lembaga riset sosial media nolimit, merilis data, urusan kereta super cepat ini dibincangkan 2.099 kali setiap hari sepanjang Januari 2016.

 

Menurut CEO NoLimit Indonesia Aqsath Rasyid Naradhipa, puncak perbincangan terjadi pada 21 Januari saat Presiden Joko Widodo melakukan groundbreaking kereta supercepat tersebut di Kebun Teh Walini, Bandung Barat. “Hari itu Kereta Supercepat dibincangkan 16.621 kali,” ujar Aqsath.
 
Perusahaan yang bergerak di bidang Social Media and Big Data Solution ini memang kerap memantau fenomena sosial yang menjadi trend di media sosial di Indonesia. "Tentunya pembicaraan tentang Kereta Cepat tidak luput dari pengamatan kami," kata Alumnus Tehnik Informatika ITB tersebut. 
 
Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang menelan investasi US$ 5,5 ini mendapat beragam pro dan kontra mulai dari orang awam, media, hingga para tokoh nasional. Semua perbincangan di media sosial dan media online itulah yang ditangkap NoLimit.
  
sentimen negatif kereta cepat (GATRAnews/NoLImit Indonesia)
sentimen negatif kereta cepat (GATRAnews/NoLImit Indonesia)
Berikut hasil pemantauan dari NoLimit Indonesia yang cukup menarik untuk disimak.
 
Berdasarkan waktu, sekitar 40% pembicaraan terjadi antara jam 8-11 pagi. Yang mengagetkan, sekitar 25% terjadi antara pukul 00 hingga 03 pagi, dan diikuti pada tengah hari (12.00 - 15.00) sekitar 24%. NoLimit membaca juga sentimen baik di berita maupun opini yang berkembang.
 
Mayoritas berita dan opini terhadap isu kereta supercepat ini adalah netral. Namun opini negatif sedikit lebih kuat dibanding opini positif.
 
Opini negatif ini terutama terkait Amdal, pengerjaan yang terkesan terburu-buru, kekhawatiran bahwa proyek ini akan mubazir, dan terindikasi melanggar UU.
 
Para Tokoh Bicara Kereta Cepat (GatraNews/NoLimit Indonesia)
Para Tokoh Bicara Kereta Cepat (GatraNews/NoLimit Indonesia)
Beberapa tokoh dan para pejabat pun mengungkapkan pandangannya mengenai Kereta Cepat ini, beberapa beropini positif dan beberapa negatif. Adapun menyatakan opini positif terkait Kereta Cepat ini adalah Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Walikota Bandung Ridwan Kamil, Menteri BUMN Rini Soemarno.
 
Beberapa tokoh juga memberikan opini negatif terkait Kereta Cepat ini, antara lain: Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Mantan Ketua DPR Marzuki Alie, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid.
 
Menurut Aqsath, pemerintah harus bijak dalam menyikapi opini yang berkembang di Masyarakat. "Jika ingin tetap meneruskan proyek Kereta Cepat maka pemerintah harus dapat menghilangkan keraguan dan pendapat negatif yang berkembang di masyarakat, hal ini cukup meresahkan karena opini negatif pun juga sudah sampai kepada para tokoh hingga mantan Presiden," ujar Aqsath.

Editor: Dani Hamdani 
Dani Hamdani
11-02-2016 14:51