Main Menu

Cetak Bankir Top, Bank Mandiri Dirikan ''Mandiri University''

Januar
29-02-2016 09:57

Menteri BUMN, Rini Soemarno saat meninjau peletakan batu pertama Mandiri University (GATRAnews/Januar Rizki)

Jakarta, GATRAnews - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mulai  membangun Kampus Mandiri University di kawasan Wijayakusuma, Daan Mogot, Jakarta Barat. Kampus yang memiliki luas 4 hektar ini menjadi kampus terbesar milik Mandiri dari yang sudah berdiri sebelumnya.

Presiden Direktur Mandiri, Budi Gunadi Sadikin mengatakan kampus ini ditujukan untuk menciptakan sumber daya manusia yang ahli di bidang jasa keuangan. Menurutnya, para lulusan dari Mandiri University diharapkan mampu bersaing dengan tenaga kerja di sektor jasa keuangan tigkat regional dalam menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN.  

"Dalam kerangka MEA, kehadiran kampus ini juga dimaksudkan untuk mengantisipasi kemungkinan derasnya kedatangan bankir-bankir asing dari kawasan ASEAN," kata Budi saat dijumpai dalam acara peletakkan batu pertama di lokasi pembangunan kampus, Senin (29/2). Hadir dalam acara tersebut antara lain Menteri BUMN, Rini Soemarno serta Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Jasa Konsultasi Kementerian BUMN, Gatot Trihargo. 

Budi juga menambahkan para lulusan kampus ini juga dapat mengisi kekurangan sumber daya manusi di sektor jasa keuangan tigkat nasional saat ini. "Kami berhaŕap keberadaan kamous perbankan ini akan menjawab kebutuhan industri finansial terhadap praktisi perbankan profesional dan berdaya saing tinggi sehingga dapat mengangkat industri keuangan dalam negeri ke level internasional," kata Budi.

Pembangunan kampus ini diperkirakan akan menelan dana hingga Rp 485 miliar yang ditargetkan rampung pada 2018. Kampus ini akan menyediakan fasilitas pembelajaran yang terintegrasi termasuk asrama, laboratorium keuangan serta sarana sosial dan olah raga.

"Kampus ini menggunakan kurikulum yang berbeda dengan kampus-kampus umum lainnya. Kami menggunakan  kurikulum yang mentikbratkan pada praktik langsung. Tenaga pengajarnya juga para leader yang dimiliki Mandiri meski degree-nya tidak terlalu tinggi, tapi memiliki pengalaman yang tinggi," katanya.


Reporter: Januar Rizki

Editor: Nur Hidayat

Januar
29-02-2016 09:57