Main Menu

BRI Syariah Segera Masuk Bursa

Aries Kelana
05-04-2018 17:54

BRI Syariah.(Dok. ANTARAnews/re1)

Jakarta, Gatra.com -- Anak usaha PT Bank Rakyat Indonesia, PT BRISyariah akan masuk bursa. Bank tersebut akan melepas 27% sahamnya ke masyarakat. Itu terungkap dalam paparan publik terkait dengan rencana initial public offering (IPO) atau penawaran saham perdana bank tersebut yang digelar di Gedung BRI I Lantai 20, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, hari ini (5/4/2018).

"Tujuan IPO ini guna memperoleh tambahan dana dari masyarakat yang akan digunakan Perseroan dalam pengembangan bisnis sekaligus memperkuat industri syariat di Tanah Air," ujar Direktur Utama BRISyariah Moch Hadi Santoso kepada wartawan. 

Dalam IPO nanti BRISyariah akan melepaskan pada kisaran harga Rp 550-650 per lembar saham. Dari penjualan tadi, diharapkan akan terkumpul dana masyarakat sebesar Rp1,3-1,7 trilyun. Ada pun jumlah yang dilempar ke publik sebannyak 2.623 juta lembar saham atau 27% dari modal ditempatkan dan disetor perseron. Penawaran awal akan berlangsung dari tanggal 5 April sampai 20 April ini.

Dari hasil penjualan saham tersebut, sekitar 80% akan digunakan untuk meningkatkan penyaluran pembiayaan syariah. Kemudian 12,5% untuk pengembangan sistem teknologi informasi, dan sisanya untuk pengembangan jaringan kantor cabang. 

Hadi bilang bahwa ini merupakan IPO pertama perbankan syariah melalui anak BUMN. Selain itu ini merupakan langkah strategis untuk menjadikan BRISyariah menjadi  bank syariah terbesar di Indonesia. "Kami segera mengakselerasi kespansi perusahaan dimulai dengan penguatan modal perusahaan," imbuhnya.

Sebelum IPO, BRISyariah sudah menerbitkan Suku Subordinasi Mudharabah pada tahun 2016 dengan jumlah dana yang terkumpul sebesar Rp1 trilyun.


 

Reporter: Aries Kelana

Editor: Aries Kelana

 

 

 

Aries Kelana
05-04-2018 17:54